Nyiramkeun Pusaka Kerajaan Nunuk, Potensi Wisata Budaya Di Majalengka

JABARNEWS | MAJALENGKA – Prosesi acara tradisional Nyiramkeun Pusaka Kerajaan Nunuk di Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, berpotensi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Angin.

Acara adat bernuansa seni dan budaya ini, telah menjadi agenda rutin tahunan, serta mendapatkan kunjungan masyarakat dari berbagai kecamatan lain.

Kepala Desa Nunuk Baru, Sutrisno, mengatakan, acara Nyiramkeun Pusaka Kerajaan Nunuk ini dipusatkan di Blok Babakan, Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja.

Baca Juga:  Saat Cekdam Diburu Warga

Giat tradisi ini menjadi agenda rutin tahunan setiap bulan Shafar dan kunjungannya selalu mendapatkan perhatian dari berbagai wilayah.

“Agenda ini rutin dilakukan setiap bulan Shafar, seperti halnya acara Guar Bumi dan Pareresan. Saya berharap tahun depan, kunjungannya lebih banyak lagi. Acara adat yang mengandung seni budaya lokal ini, rupanya cukup diperhatikan oleh kalangan peminat seni,” ungkapnya, Jumat (19/10/2018).

Baca Juga:  TPN GAMA Gelar Posko Simpatik 3 Selama Libur Nataru

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Dani, mengatakan pihaknya cukup berbangga diri, mengingat acara tradisi rutin tahunan di Nunuk, menjadikan desa yang terpencil itu dikunjungi sejumlah orang dari berbagai wilayah.

Baca Juga:  Pengrajin Terasi Di Desa Kanci Cirebon Dan Mengenal Sejarahnya

“Desa ini cukup dekat dengan kota Majalengka, hanya saja karena aksesnya melewati bukit dan kondisi jalannya ‎rusak, makanya kurang diperhatikan. ‎Namun, ketika ada acara tradisional, pengunjung bertambah, rupanya acara tardisi ini cukup untuk meningkatkan jumlah pengunjung untuk datang ke sini. Apalagi kalau akses jalanya mulus,” ujarnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat