Pangandaran Digunjang Gempa Magnitudo 4,5 Tadi Dini Hari

Gempa BUmi
Ilustrasi gempa bumi di wilayah Sukabumi dan Garut, Jawa Barat. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik magnitude 4,5 tadi dini hari atau pukul 01.45 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan, gempa magnitudo 4,5 yang mengguncang Pangandaran dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga:  Pura-pura Numpang Istirahat, Seorang Pemuda di Purwakarta Gondol Motor beserta Uang Pemilik Warung

Berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi yang mengguncang Pangandaran, episenternya terletak pada koordinat 8.14 LS dan 107.90 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 82 km Barat Laut Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 25 km.

Baca Juga:  KPAID Tasikmalaya Beberkan Kondisi Terbaru Para Terduga Pelaku Perundungan di Tasikmalaya, Ada Orang Dewasa?

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng,” kata Hartanto dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Rabu, 28 Desember 2022.

Baca Juga:  Polda Jabar Beberkan Modus Pelaku Perdagangan Orang, Masyarakat Diminta Waspada

Terkait dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG, dan berdasarkan laporan dari masyarakat.