Pasien di Garut Diduga Terjangkit Omicron, Dicurigai Karena Pulang dari Jakarta

Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. (Foto: Dodi/JabarNews).

JABARNEWS | GARUT – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Jawa Barat melakukan pemeriksaan kesehatan secara intensif terhadap seorang pasien yang diduga terjangkit COVID-19 varian Omicron sebagai langkah dini untuk mencegah penularannya.

“Dia dicurigai karena pulang dari Jakarta dan bergejala, kami antisipasi, soalnya kalau benar itu cepat menularnya, walaupun gejalanya ringan,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut Leli Yuliani saat dihubungi wartawan di Garut, Senin 17 Januari 2022.

Baca Juga:  Ibu Muda asal Garut Dicari Polisi, Dilaporkan karena Kasus Ini

Ia menjelaskan petugas kesehatan sudah melakukan langkah antisipasi terhadap seorang pasien yang dicurigai terjangkit Omicron dengan penanganan medis di di rumah sakit.

Baca Juga:  Ketua LPA Majalengka: Kartu Identitas Anak Rawan Diskriminasi

Dinas Kesehatan Garut, kata dia, telah mengambil sampel dari pasien tersebut untuk diperiksa di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta yang memiliki peralatan medis mendeteksi ada atau tidaknya penularan Omicron.

Baca Juga:  Dinilai Usang, DPRD Jabar Sebut Perda RTRW Harus Diperbaharui

“Kami sudah ambil spesimennya untuk dikirim ke Jakarta, pemeriksaan bisa 1-2 minggu,” katanya. Ia menyampaikan kasus COVID-19 di Garut terjadi kenaikan di awal tahun 2022 meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak.