Penuhi Keindahan Alam, Sukasari Purwakarta Kaya Akan Segudang Wisata

JABARNEWS | PURWAKARTA – Berkunjung ke wisata alam yang sekali memandangnya membuat suasana hati menjadi bahagia, mengobati suasana hati tidak karuan setelah beraktivitas keseharian dalam hiruk pikuknya perkotaan.

Di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ada satu kecamatan yang ternyata menyimpan segudang keindahah alam. Mungkin belum banyak yang tahu jika di wilayah paling Barat kabupaten kecil ini memiliki potensi pariwisata yang cukup melimpah.

Wilayah tersebut yakni Kecamatan Sukasari yang memiliki air terjun (Curug) terdapat di beberapa titik. Di antaranya, Curug Tilu, Curug Tonjong, Curug Cibodas, Curug Cipetir, Curug Mahrom dan juga Curug Cimata Indung. Tak hanya wisata berupa air terjun, ada juga aliran air yang dijadikan trak River Tubing.

Baca Juga:  Kapolda Jabar Ungkap Polres Sukabumi Pasang CCTV Guna Amankan Mudik Lebaran 2022

Camat Sukasari, Muhammad Kosim mengklaim, wilayah kerjanya memiliki keindahan alam tersendiri, sehingga banyak tempat wisata alam.

“Di Kecamatan Sukasari ini banyak wisata alam dan wisata air yang bisa menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Purwakarta,” ucap pria yang akrab disapa Kosim, pada Kamis (3/12/2020).

Baca Juga:  Stok Beras di Kota Bandung Dipastikan Aman Sampai Akhir Tahun

Menurut dia, Kecamatan Sukasari memiliki keindahan tersendiri. Apalagi, wilayah tersebut di kelilingi gunung-gunung yang menjulang tinggi serta panorama alam yang masih asri serta berbatasan langsung dengan Waduk Jatiluhur.

“Selain Curug, di wilayah kami juga ada pegunungan khusus bagi mereka pecinta Hiking dan Camping,” jelas dia.

Terlebih saat ini, Kosim menambahkan, infrastruktur ke Kecamatan Sukasari sudah sangat mendukung. ‎Karena, pemerintah telah membangun Jalur Lingkar Barat yang menjadi akses jalur darat baru ke wilayah tersebut.

Baca Juga:  Pasca Banjir, Begini Aksi Sosial Bacaleg DPRD Cianjur Dapil 1 Soni Farhan Bantu Warga di Sindanglaka Karangtengah

Bisa di bilang, setelah dibangunnya Jalur Lingkar Barat yang merupakan ‘Trans Papua-nya’ Purwakarta oleh pemerintah setempat, harapan-harapan baru pun bermunculan. Tak heran, saat ini wilayah tersebut menjadi salah satu primadona, terutama dari sektor pariwisata.

“Selain wisata alam, di kami juga terkenal dengan wisata kulinernya. Yakni, ikan bakar khas Sukasari, bakakak ayam dan rica rica entog,” tambah Kosim.

Penulis: Gingin Ginanjar