Perbanas Tunjuk Nagrog Jadi Desa Asuh Budidaya Lele

JABARNEWS | KABUPATEN BANDUNG – Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) membidik Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung untuk digelarnya kegiatan program Desa Asuh Budidaya Lele, Sabtu (4/8/2018).

Peresmian kegiatan Desa Asuh Budidaya Lele itu dilaksanakan di Kampung Cikahuripan, Desa Nagrog. Bahkan, kegiatan yang dilaksanakan Perbanas itu sudah berlangsung selama empat hari terhitung sejak Rabu (1/8/2018).

Dikutip dari galamedianews.com, Penandatanganan kesepakatan kerjasama budidaya ikan lele itu dilakukan antara Camat Cicalengka H. Entang Kurnia dan Ketua Perbanas Rudi Kurniawan. Selain itu dibarengi dengan penyerahan plakat dan meninjau kolam budidaya lele dan tabur pakan.

Baca Juga:  Soal Ratusan Kader Mundur, Begini Tanggapan Ketua DPC Partai Demokrat Purwakarta

Selama pelaksanaan, Perbanas memberikan penyuluhan ternak lele kepada 20 warga binaan di Kampung Cikahuripan. Penyuluhan tersebut dibarengi dengan pemberian bantuan kolam terpal 10 unit untuk budidaya ternak lele.

Selain itu, pemberian bibit lele 205 kilogram dan perlengkapan kolam berupa torn air bersih, alcon, filter selang, dan pakan ikan untuk memudahkan warga berternak ikan.

Pada kesempatan yang sama, Perbanas menyerahkan bantuan berupa bola voli dan futsal sebanyak 25 buah, buku pelajaran SD, SMU, Alquran, dan Iqro. Kegiatan tersebut  mengusung tema ’Pemberdayaan Masyarakat Dengan Membudidayakan Ikan Lele Sebagai Pengentasan Kemiskinan”.

Baca Juga:  Operasi Patuh Jaya, Polri Siapkan 3 Ribu Personil Lebih

Camat Cicalengka H. Entang Kurnia mengatakan, dengan adanya kegiatan pelatihan beternak lele dan bantuan perlengkapan kolam dan bibit lele ini dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi warga setempat.

’’Kami sangat berbahagia dan mengucapkan terima kasih kepada Perbanas karena melalui program ini dapat membantu masyarakat, khususnya warga yang kurang mampu,’’ kata Entang kepada galamedianews.com di Kampung Cikahuripan, Desa Nagrog.

Baca Juga:  Hari Lingkungan Hidup 2023, 10.000 Pohon Disalurkan PLN ke Pantai Indah Kemangi Kendal

Menurut Entang, melalui program ini secara nyata dapat meningkatkan  perekonomian dan memberdayakan masyarakat. ’’Pemberdayaan ekonomi masyarakat ini dapat mengurangi pengangguran dan meningkatkan daya beli masyarakat,’’ harap Entang.

Harapan lainnya, imbuh Entang, kegiatan peternakan lele ini bisa dijadikan pelatihan bagi siswa/siswi dan masyarakat di Kecamatan Cicalengka yang berminat berwiraswasta. Terlebih, tempatnya di lokasi satapok Cikahuripan. (Anh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat