Ternyata Di Bogor Ada Juga Grand Canyon, Penasaran?

JABARNEWS | BOGOR – Ternyata, Grand Canyon bukan cuma ada di Amerika Serikat, lho. Bogor juga punya Grand Canyon. Ya, meskipun tak sebesar dan seluas yang ada di Amerika, namun Grand Canyon yang dimiliki Kota Hujan ini hampir menyerupai tapi ukurannya mini.

Dikutip jabar.pojoksatu.id, tempat ini bernama Leuwi Cipet dan Leuwi Liyet. Leuwi Cipet dan Leuwi Liyet merupakan nama dari bagian hulu dari Curug Barong atau Leuwi Hejo yang keberadaannya masih ’perawan’.

Baca Juga:  Tingkatkan Pelayanan, PLN Rayon Plered Luncurkan Program Zero Waiting List

Perjalan menuju ke lokasi ini memang dekat sekali dengan Leuwi Hejo. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Cibinong melewati jalan yang kondisi masih rusak di beberapa ruas.

Setelah sampai dibutuhkan waktu lagi untuk trekking menyusuri jalan setapak menuju ke Leuwi Cipet dan Liyet. Berbeda dengan Leuwi Hejo yang memang sudah dikelola masyarakat. Leuwi Cipet dan Liyet belum ada yang mengelola.

Baca Juga:  DPRD Malang Jadi Jemaah Korupsi

Jadi jika kamu berkunjung ke tempat ini, tidak ada biaya yang dikenakan sama sekali alias gratis.

Kenapa disebut dengan Grand Canyon mini ala Bogor? Karena bentuknya yang vertikal sempurna, ditambah kanan kiri tebingnya ditumbuhi hijaunya dedaunan yang rimbun.

Baca Juga:  Asal Usul Candi Cangkuang di Garut

Alam membentuknya secara sempurna, sehingga dinding tebing ini bisa ditembus oleh aliran sungai sehingga terbentuklah Leuwi Cipet yang indah.

Ciri-ciri tersebut memang mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat kan? (Anh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat