Pesan Abah Cipulus Saat Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-72

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Dalam meringati HUT Republik Indonesia yang Ke 72, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikamussalafiyah, menggelar Upacara Pengibaran Bendera, di hari ini, Kamis (17/08/2017).

Ribuan santri dan Dewan Kyai Ponpes terlihat hadir di lapangan komplek Ponpes Al Hikamussalafiyah Cipulus, Nagrog Wanayasa, sebagai lokasi upacara.

Upacara tersebut dipimpin langsung KH. Adang Badruddin (Abah Cipulus) Pengasuh Ponpes Al Hikamyssalafiyah Cipulus Purwakarta.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Beberkan Hubungan Erat Jabar-Aceh, Singgung Makam Pahlawan Cut Nyak Dien di Sumedang

Dalam amanatnya Abah Cipulus menyampaikan, Kemerdekaan Indonesia adalah hasil Perjuangan semua kekuatan Bangsa Indonesia, yang bersatu padu untuk merebut Kemerdekaan Indonesia.

Ada peran Santri, Kyai,  Ajeungan, Ustadz dan masyarakat yang begitu besar ikut berjuang dengan mengorbankan harta benda, keringat bahkan darah dan nyawanya.

Baca Juga:  Polda Jabar: Sepanjang Tahun 2023, Sebanyak 3.123 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Lalu Lintas

“Perjuangan memerdekakan Bangsa Indonesia bukan sesuatu yang mudah. Ini bukan hadiah penjajah tapi perjuangan para Syuhada orang-orang tua kita,” tegas Abah Cipulus.

Abah Cipulus mengajak para santri harus mengisi kemerdekaan dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

NKRI dengan dasar Negara Pancasila sebagai pedoman untuk tetap menjaga keberagaman, menjamin warga Negara untuk menjalankan Ibadah sesuai dengan Agamanya.

Baca Juga:  Bima Arya Unggul Di Quick Count Pilkada Bogor

“Jaga kemerdekaan dengan tetap mempertahankan NKRI karena itu warisan para Ulama, Kyai, bukan Khilafah atau yang lainnya. Kalau ada yang mau merubah dan mengganti Pancasila artinya tidak menghargai para Ulama jadi harus ditolak” jelasnya. (Had)

Jabar News | Berita Jawa Barat