PP Persis Resmi Lantik Kepengurusan HIPPI Periode 2023-2028

JABARNEWS | BANDUNG – Pengurus Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis) melalui Ketua Bidang Maliyah PP Persis, A M Furqon, melantik sebanyak kepengurusan Himpunan Pengusaha Persatuan Islam (HIPPI) periode 2023-2028 di Hotel Grand Pasundan Bandung. Kamis (18/5/2023).

Proses pelantikan pengurus HIPPI yang berjumlah 60 orang serta dinakhkodai H. Cucu Cumarna sebagai Ketua Umum mengangkat tema ‘Niaga Bardaya, Dakwah Berjaya’. Atas hal itu, HPPI diharapkan dapat mendorong komunitas anak muda di Jabar mengembangkan ekonomi kreatif (Ekraf). Pasalnya Jabar dinilai merupakan wilayah yang strategis untuk mengembangkan Ekraf.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum PP Persis, KH Dr Jeje Zaenudin menuturkan, kepengurusan HIPPI kali ini cukup gemuk. Meski begitu, ia menilai komposisi yang ada di HIPPI dinilainya cukup ideal.

Jeje menandaskan, prinsip berniaga harus bertujuan untuk ibadah, apalagi menyangkut pemberdayaan harta. Di dalam Alquran, sambungnya, sudah jelas diperintahkan agar bersungguh-sungguh membela agama Allah dengan harta kekayaan dan jiwa raga.

Jeje mengungkapkan, kehadiran HIPPI yang notabene didominasi para pengusaha muda Persis bisa bersinergi dan bekerja sama dengan para pengusaha dan pemikir usaha di kalangan ekonomi syariah.

Baca Juga:  Dear Masyarakat Purwakarta, Ini Aplikasi Untuk Mengetahui Ketersediaan Ruangan Rawat Inap

Sedang, Ketua HIPPI periode 2023-2028, H Cucu Cumarna berhadap ke depan pihaknya bisa mengkolaborisakan berbagai latar belakang usaha. Bahkan Cucu juga memandang untuk saat ini wilayah Jabar masih menjadi pusat kreatifitas anak muda. Sehingga, anak muda harus didorong memaksimalkan peluang ini.

“Kami akan fokus di Ekraf. Sekarang berwirausaha tidak harus tetap muka begini, kreativitas anak muda harus didorong dan saya lihat banyak komunitas anak-anak muda di Jabar yang harus kita dorong usahanya,” ungkapnya.

Dalam pandangannya, kekuatan dakwah Persis, tak pernah lepas juga dari kekuatan finansial anggota jamaahnya.

Namun, dirinya mengkritisi saat ini masih dominan individual, dibutuhkan kesadaran kolektivitas para pengusaha Persis. Maka itu, seluruh anggota HIPPI diminta berperan aktif dalam membangun kekuatan ekonomi Persis ke depan, lewat gerakan kolektivitas diantaranya berupa sirkah dan kemitraan.

Baca Juga:  Kecelakaan Maut di Ciampea Bogor: Truk Tronton Lindes Grand Max, Satu Orang Tewas!

“Merapatkan, merakitkan, dan meroketkan HIPPI agar membangun kekuatan ekonomi kolektif. Membangun ekonomi jamiyyah adalah tugas kita bersama, praktisi bisnis, akademisi, professional hingga media, komplit ada di HIPPI,” tegasnya.

Komitmen Erwin Untuk HIPPI

Sementara itu, dalam upaya untuk mengoptimalkan peran dan kontribusi bidang hukum dalam HIPPI, Erwin Yudha Pranata,S.H didapuk sebagai Ketua Bidang Hukum yang baru. Sosok Erwin Yudha Pranata, S.H selain memiliki pengalaman yang luas di bidang hukum bisnis juga diakui sebagai ahli dalam hukum perusahaan.

Dipundak Erwin Yudha Pranata, SH, Ketua Umum HIPPI menaruh harapan besar akan memimpin bidang hukum dengan integritas, keahlian, dan kebijaksanaan.

Disamping juga menekankan pentingnya menjaga hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan dan lembaga hukum eksternal untuk mendukung keberhasilan HIPPI dalam lingkungan bisnis yang semakin kompleks.

Saat dihubungi, Erwin Yudha Pranata,S.H yang memiliki kantor hukum Erwin Yudha Pranata, S.H & Partner bergerak menangani permasalahan pidana maupun perdata mengungkapkan rasa terimakasihnya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Baca Juga:  Kronologi Meninggalnya KH Aceng Zakaria: Pernah Alami Penyakit Berat hingga Drop di Tengah Jadwal Padat

“Tentu saja saya berkomitmen untuk memperkuat bidang hukum dalam HIPPI, akan tetap menjaga kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, dan memberikan dukungan yang maksimal kepada anggota organisasi dalam segala hal yang berkaitan dengan hukum bisnis,” ujarnya melalui sambungan selulernya.

Pada proses pelantikan itu sendiri Erwin Yudha Pranata,S.H berhalangan hadir dikarenakan sebelumnya telah memiliki agenda lain.

Namun demikian, Erwin yang juga owner PT. Ayudha Wahana Jasa salah satu perusahaan di bidang event contractor Ayudha Event menegaskan siap mendedikasikan dirinya semaksimal mungkin guna perkembangan HIPPI yang lebih baik.

Sejauh ini PT. Ayudha Wahana Jasa telah banyak melakukan kerjasama dalam menangani acara-acara besar baik dengan pemerintahan maupun perussahan besar ternama. Begitu pula, sosok Erwin Yudha Pranata, SH baru-baru ini juga telah resmi menyandang sebagai Ketua DPD Dewan Industri Event Indonesia (IVENDO) Jawa Barat. (*)