• Sabtu, 23 Oktober 2021

Keren, di Kota Bandung Jelantah Rumah Tangga Bisa Jadi Uang, Begini Caranya

- Minggu, 26 September 2021 | 10:15 WIB
Program Beli Jelantah (Betah) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung (Humas Pemkot Bandung)
Program Beli Jelantah (Betah) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung (Humas Pemkot Bandung)

JABARNEWS | BANDUNG - Masyarakat Kota Bandung, khususnya para ibu rumah tangga yang biasa bergelut di dapur kini tidak perlu bingung apabila memiliki minyak goreng bekas atau jelantah. Karena kini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menampung jelantah rumah tangga.

Melalui program Beli Jelantah (Betah), masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya karena untuk satu kilogram jelantah akan dihargai sekitar Rp3.000.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyatakan program Betah ini sebagai upayanya dalam mengurangi persoalan lingkungan akibat jelantah yang kerap dibuang sembarangan.

Bahkan, dampaknya justru bukan hanya pencemaran saja, namun bisa menyebabkan penyumbatan drainase lantaran jelantah yang membeku.

"Jelantah tidak diolah lagi oleh kita, kalau dibiarkan akan sangat mengganggu. Oleh karenanya, saya harap ini bisa terus berjalan," kata Oded saat peluncuran program Betah di Pendopo Kota Bandung, Sabtu (25/9/2021).

Baca Juga: Keren, di Kota Bandung Jelantah Rumah Tangga Bisa Jadi Uang, Begini Caranya

Baca Juga: Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta Bubarkan Acara Motocross di Jatiluhur

Baca Juga: Ridwan Kamil Usulkan Mochtar Kusumaatmadja Jadi Pahlawan Nasional

Baca Juga: Keren, di Kota Bandung Jelantah Rumah Tangga Bisa Jadi Uang, Begini Caranya

Pemkot Bandung melalui Bank Sampah Resik PD Kebersihan akan menampung jelantah dari masyarakat. Selanjutnya, PD Kebersihan sudah menjalin kerja sama dengan Asosiasi Kafe dan Restoran (Akar) Jawa Barat sebagai pengumpul jelantah berskala lebih besar.

Halaman:

Editor: Rian Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X