Besok Mulai Beroperasi Gratis, Ini Rute dan Syarat Naik Bus Trans Pakuan Kota Bogor

JABARNEWS | BOGOR – Pemerintah Kota Bogor akan mulai mengoperasikan moda transportasi Bus Trans Pakuan pada Selasa, 2 November 2021 esok.

Bus Trans Pakuan merupakan hasil kerja sama Pemerintah Kota Bogor dengan Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Hingga akhir tahun 2021 ini, sebanyak 49 Bus Trans Pakuan ditargetkan hadir untuk secara perlahan menggantikan 147 angkot di Kota Bogor.

Baca Juga: Pergi Naik Bus, Mantan Pemain Asing Persib Ini Mengalami Pencopetan

Bus Trans Pakuan yang berbasis buy the service (BTS) akan diujicobakan di Kota Bogor secara gratis mulai 2 November 2021 sampai akhir Desember.

Bus Trans Pakuan merupakan bagian dari penataan moda transportasi di Kota Bogor yang meliputi penggabungan trayek, peremajaan angkot, serta konversi tiga angkot jadi satu bus.

Baca Juga:  Emil Pastikan Percepat Reaktivasi Empat Jalur Transportasi Kereta

Untuk menunjang operasionalnya, sejumlah persiapan pun telah dilakukan seperti memberikan pembekalan dan pelatihan kepada pengemudi bus.

Baca Juga: Youtober Atta Halilintar Curhat Rindu Keluarga, Hampir 2 Tahun Berpisah

Pemerintah Kota Bogor juga telah mengecek halte dan melakukan survei kondisi lalu lintas di koridor yang disiapkan, serta sosialisasi kepada masyarakat.

Bus Trans Pakuan berukuran medium yang memiliki kapasitas 36 orang. Kapasitas itu sama dengan tiga kali lipat dari jumlah penumpang angkot.

Bus Trans Pakuan tersebut memiliki fasilitas, seperti AC, CCTV, passenger counting system, disability friendly, peralatan keamanan APAR, dan pintu emergency.

Baca Juga:  Tujuh Pengeroyok Jakmania Haringga, Dituntut Sampai 11,5 Tahun Bui

Baca Juga: Sempat Cedera, Abdul Azis: Alhamdulillah Akhirnya Bisa Kembali ke Lapangan

Bagi para pengguna sepeda, fasilitas bracket atau rak khusus yang dipasang di moncong Bus Trans Pakuan juga bisa digunakan untuk menitipkan sepeda yang dibawa.

Secara bertahap, sebanyak 147 angkot akan digantikan dengan 49 Bus Trans Pakuan hingga akhir tahun ini, dari total keseluruhan 75 Bus Trans Pakuan yang akan beroperasi di Kota Bogor.

Adapun rute yang akan dilalui Bus Trans Pakuan adalah di koridor 5 yang melintasi Ciparigi, Warung Jambu, Ahmad Yani, Air Mancur, Fly Over Martadinata, Merdeka, Jembatan Merah dan Stasiun Bogor.

Baca Juga: Cegah Banjir di Kota Bandung, Ini Pesan Oded Untuk Aparat Kecamatan Hinggga Kelurahan

Baca Juga:  Malam Nanti: Final Liga Champions 2018, Real Madrid Vs Liverpool FC

Kemudian dari Stasiun Bogor kembali lagi menuju Ciparigi melalui Jalan Juanda, Sudirman, Pemuda, Warung Jambu, Sholeh Iskandar, Talang, Simpang Pomad.

Untuk menaiki Bus Trans Pakuan secara gratis, calon penumpang hanya perlu mengunduh aplikasi Buskita platform online

Calon penumpang Bus Trans Pakuan kemudian bisa langsung menuju shelter pemberhentian yang sudah ditetapkan di sejumlah titik di Bus Trans Pakuan.

Baca Juga: Supardi Nasir dan Puja Dipastikan Tak akan Tampil di Pekan ke-11 Liga 1, Kenapa?

Kehadiran Bus Trans Pakuan tersebut bisa memudahkan seluruh lapisan masyarakat pengguna transportasi umum di Kota Bogor, karena sudah terintegrasi dengan dengan stasiun dan terminal.***