Pegawai RS Sumber Waras Cirebon Berhamburan Keluar Gedung, Ada Apa?

JABARNEWS | CIREBON – Seluruh pegawai Rumah Sakit Sumber Waras Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon tiba-tiba berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri, agar terhindar dari bencana gempa.

Belasan pegawai dan Pasien Rs Sumber waras mendadak heboh dan berhamburan keluar dari ruangan. Pasalnya, terdapat informasi adanya terjadi gempa dan kebakaran bangunan Rumah Sakit. Namun, itu semuanya hanyalah simulasi semata, penanganan bencana yang dilakukan oleh pihak Rumah Sakit sumber waras, yang bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran serta BPBD Kabupaten Cirebon.

Belasan pegawai dan perawat keluar baik melalui pintu darurat maupun jalur evakuasi yang sudah disediakan untuk berkumpul di titik Kumpul yang berada di luar gedung rumah sakit. Mereka menyelamatkan diri dari bencana gempa.

Baca Juga:  Penampakan Keindahan Flamboyan Bikin Warga Majalengka Geger

Baca Juga: Inilah Nama-nama Pejabat Eselon II Kabupaten Serdang Bedagai Baru Dilantik

Baca Juga: BPBD Cianjur: Masyarakat Harus Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Dijelaskan Direktur rumah sakit Sumber Waras dr, Tirta Mulya Juandi, selama dua hari Rumah Sakit Sumber Waras melakukan simulasi penanganan bencana bekerja sama dengan Damkar dan BPBD Kabupaten Cirebon.

Baca Juga: Sering Menggunakan Deodoran Bisa Menyebabkan Kanker Payudara?

Baca Juga: 7.783 KK Terdampak Banjir di Serdang Bedagai, Polda Sumut Turunkan Dua Perahu Evakuasi

Baca Juga:  Sutrisno Pastikan, Pasangan Jokowi-Ma'ruf Menang Mutlak Di Majalengka

“Ada dua hal yang fokus menjadi perhatian kami sesuai dengan tingkat resiko bencana yaitu kebakaran dan gempa bumi yang saat ini kita lakukan simulasi,” katanya. Jumat (12/11/2021).

Masih dijelaskan Tirta Mulya Juandy, pihaknya telah menyadari tidak luput dari bencana sehingga semua harus selalu siap kapanpun, jika adanya kejadian bencana alam. Sehingga dengan adanya simulasi ini seluruh pegawai sudah siap saat terjadi bencana kebakaran atau gempa bumi.

“Kita harus sudah siap apa yang harus kita lakukan saat terjadi bencana baik untuk diri kita, pasien dan masyarakat. Kita harus siap sehingga tidak ada korban yang lain karena kita tidak siap,” katanya.

Baca Juga:  Info Terbaru, Lokasi SIM Keliling kota Bandung Hari ini

Sementara BPBD kabupaten Cirebon Fauzan mengatakan kegiatan simulasi yang dilakukan di rumah sakit sumber waras untuk mengurangi resiko bencana apabila terjadi. Sehingga meminimalisir korban jiwa apalagi sampai tidak ada korban jiwa.

Baca Juga: Soal Masalah di TPA Sarimukti, Begini Kata DLHK Kota Bandung

“Berbagai materi kita berikan kepada para peserta karyawan rumah sakit para staf, seperti bagaimana menyelamatkan diri kita dan orang lain saat terjadi bencana baik kebakaran maupun gempa bumi,” katanya. (Arn)