Uu Ruzhanul Ulum Ungkap Kunci Tertib Arsip Pemerintah di Daerah, Ini Katanya

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan arti penting kearsipan guna tertib pemerintahan daerah.

Menrut Uu Ruzhanul Ulum, arsip perlu diorganisasi dengan baik agar memberikan manfaat jangka panjang baik internal birokrasi maupun eksternal.

“Kearsipan ini harus tertib bukan hanya untuk hari ini tapi juga untuk kesekian tahun yang akan datang,” kata Uu Ruzhanul Ulum dalam acara Penyerahan Laporan Audit Kearsipan Internal dan Pemberian Penghargaan Penyelengaraan Kearsipan Tahun 2021, di Graha Pustaloka Dispusipda, Jalan Kawaluyaaan Indah II No 4, Kota Bandung, Senin 29 November 2021.

Baca Juga:  Pilkada Serentak, TNI-Polri Pantau TPS

Baca Juga: Perkuat Digitalisasi Desa, Ridwan Kamil: Pertumbuhan Ekonomi Merata ke Pelosok Daerah

Baca Juga: Dugaan Politik Uang Mencuat di Pilkades, Peran DPMD Bandung Barat Dipertanyakan

Uu Ruzhanul Ulum menyebut, kelengkapan arsip sangat penting agar tidak menjadi temuan aparat penegak hukum yang berujung pada kasus hukum. “Terkadang kita bisa terjerat karena kelemahan dan kekurangan arsip oleh APH (aparat penegak hukum). Maka jangan dianggap sepele,” tuturnya.

Baca Juga:  Upaya Pemprov Jabar Bangun Bandara Kertajati Diganjar Penghargaan

Uu Ruzhanul Ulum memberikan penghargaan internal kepada para kepala perangkat daerah dalam hal penyelenggaraan kearsipan. Pengargaan menjadi motivasi bagi kepala perangkat daerah untuk melaksanakan kearsipan sebaik mungkin.

Baca Juga: Korban Banjir Bandang di Garut Akan Dapat Bantuan Dana hingga Rp50 Juta, Ini Kriterianya

Baca Juga: Aksi Unjuk Rasa Buruh Terpusat Gedung Sate, Ingin Bertemu dengan Ridwan Kamil

Uu Ruzhanul Ulum menekankan, Pemda Provinsi Jabar saat ini mengembangkan kearsipan digital yang sejalan dengan program Pemerintah Pusat. “Dengan loncatan digital jadi lebih mudah, lebih murah, efektif dan akurat,” ucapnya.

Baca Juga:  Budi Karya Sumadi Tinjau Pembangunan Terminal Bus Harjamukti Cirebon

Pemda Provinsi Jabar pun punya visi Juara Lahir Batin dengan inovasi dan kolaborasi, serta digitalisasi sebagai pondasinya.

“Kami mengucapkan selamat kepada para peraih penghargaan karena semuanya hidup harus dievaluasi, oleh diri sendiri, lingkungan, oleh kelembagaan. Kalau tidak ada evaluasi maka akan berjalan tanpa adanya progres,” tandasnya.***