Orang Tua Harus Waspada! Dua Anak di Kota Banjar Nyaris Jadi Korban Penculikan

JABARNEWS | BANJAR – Dua anak di Kota Banjar hampir menjadi korban penculikan oleh orang tak dikenal. Kejadian tersebut harus menjadi peringatan untuk orang tua agar lebih waspada.

Anak pertaman yang nyaris jadi korban penculikan itu terjadi di Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Senin, 29 November 2021, sekitar pukul 11.00 WIB.

Korban bernama Muhammad Bilfaqih Musyafa Abdullah (10) siswa kelas 5 sekolah dasar warga Dusun Mulyasari, Desa Bangunsari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Polres Asahan Jeput Lansia untuk Ikuti Vaksinasi Covid-19

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia di Kabupaten Cirebon Kurang dari 40 Persen

Kronologi kejadian bermula ketika Abil sapaannya, hendak pulang ke rumahnya usai mengikuti pembelajaran tatap muka di SDN 2 Hegarsari. Dia berjalan kaki menuju jalan raya untuk pulang menggunakan angkot.

Saat itu, Abil mengaku dihampiri seorang pria tidak dikenal yang datang dari arah Stasiun Kereta Api Banjar, dan mengajak pulang bersamanya.

Baca Juga: Basarnas Nias Cari Nelayan Aceh yang Jatuh ke Laut

Baca Juga:  Tumbang di Leg 1 Piala AFF, Ustadz Yusuf Mansur Posting Pemain Thailand Thitiphan

Baca Juga: Jelang Nataru, Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta Imbau Masyarakat Tak Keluar Kota

“Lagi nunggu angkot mau pulang, ada orang mau nganterin pulang, tapi sayanya nggak mau. Kebetulan ada bapak tentara di dekat situ lagi nelpon, saya lari nyamperin bapak tentara,” kata Abil dilansir dari HR-Online, Selasa 30 November 2021.

Kemudian, dia berlari ke salah satu rumah temannya yang tidak jauh dari lokasi tersebut untuk bersembunyi. “Abis bapak tentaranya beres nelpon, saya lari ke rumah temen yang deket situ. Tapi bapak-bapak yang ngajak pulang itu terus ngikutin. Abis itu saya minta tolong anterin pulang ke ibunya temen,” ungkap Abil.

Kemudian anak kedua yang nyaris jadi korban penculikan yakni anak masih duduk di PAUD. Dzikram Tyas Ramadhan (6), warga Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, yang bersekolah di PAUD Flamboyan, Lingkungan Cibulan mengalami hal serupa.

Baca Juga:  Komisi A DPRD Sumut Kunjungi KPU Serdang Bedagai, Ini Yang Dibahas

Orang tua korban, Winda Nur’aini, menyampaikan, ketika itu anaknya pulang dari sekolah dan dijemput oleh kakeknya bernama Ikin Sodikin (64), pada hari Selasa 23 November 2021, sekitar pukul 09.30 WIB.

Baca Juga: Polres Ciamis Dirikan Lima Pos Check Point Jelang Nataru, Kapolres: Belum Divaksin, Putar Arah

Baca Juga: Hendak Apel ke Rumah Janda, Sorang Pria Paruh Baya di Tasikmalaya Tewas Diamuk Massa

Ketika berada di Jalan Dewi Sartika, Ikin Sodikin mengalami tabrakan dengan kendaraan lainnya. Namun tidak mengalami luka apapun. “Jadi awalnya ada orang yang nabrak dulu sampai mereka terjatuh. Begitu kakeknya bangun yang menabrak itu seolah-olah mengalihkan perhatian dan menyalahkan,” terang Wida.

Setelah itu, tiba-tiba anaknya sudah tidak ada dan terlihat seseorang menggunakan sepeda motor matic yang membawanya. “Kondisinya itu kakeknya lagi lengah, tiba-tiba anak saya sudah ada yang membawanya sama orang lain pakai motor ke arah Pintusinga. Jadi saya menyebutnya ini percobaan penculikan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Bupati Garut Izinkan Warganya Mudik, Tapi Ini Syaratnya

Baca Juga: 778 Sekolah di Kota Bandung Siap Laksanakan PTMT Gelombang 3

Baca Juga: Ridwan Kamil Bersama Bupati dan Wali Kota se-Jabar Tanam 10 Juta Pohon di Lahan Kritis

Selanjutnya, Ikin Sodikin mengejar pria yang membawa cucunya itu dan berhasil memberhentikan kendaraan pelaku depan kampus SMAN 1 Banjar. Peristiwa itu sempat terekam kamera pengintai yang ada di sekolah tersebut.

“Kemudian bapak saya mengejarnya sampai depan SMAN 1 berhenti. Mungkin pria itu takut diteriaki. Kemudian anak saya turun dari motor pria tersebut dan pindah ke motor kakeknya,” terang Winda.

Dari kejadian itu, Winda sangat bersyukur anaknya masih bisa kembali dalam keadaan selamat dan pulang ke rumah. Akan tetapi, ia masih merasa khawatir jika terduga pelaku percobaan penculikan itu tidak tertangkap.

“Saya berpesan untuk warga Kota Banjar supaya waspada agar kejadian ini tidak terulang kembali. Mudah-mudahan pihak berwajib juga bisa segera menangkap pelakunya,” pungkasnya.***