RK24, Elemen Pemuda di Jabar Deklarasi Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024

JABARNEWS | BANDUNG – Sejumlah elemen pemuda Jawa Barat mendeklarasikan Relawan Kebangsaan 24 (RK24) sebagai simpul dorongan kepada Ridwan Kamil agar maju menjadi calon presiden (capres) pada 2024 mendatang.

Penggagas RK24 Asep Komarudin mengatakan pemuda yang tergabung dalam RK24 itu menilai Ridwan Kamil adalah sosok pemimpin muda yang berhasil membawa daerah yang dipimpinnya meraih berbagai penghargaan, mulai Kota Bandung hingga Jawa Barat.

“Relawan Kabangsaan 24 hadir untuk mendukung dan bekerja keras memenangkan Ridwan Kamil pada ajang Pilpres 2024 mendatang. Para relawan ini ingin menorehkan keberhasilan RK di level nasional,” kata Asep, di Bandung, Jumat 3 Desember 2021.

Baca Juga: Kereta Api Mau Lewat, Kericuhan Pecah antara Pemotor Ricuh dengan Komunitas Edan Sepur

Baca Juga: Risiko BPA Bukan Hoaks, BPOM Gulirkan Pelabelan Galon Isi Ulang dalam Pertarungan Level Dewa

Baca Juga:  MUI Jabar Ajak Masyarakat Jangan Percaya Ramalan Soal Kondisi Eril

Dengan berbagai torehan prestasinya, ia menilai Ridwan Kamil layak menjadi tokoh muda alternatif pemimpin bangsa supaya bisa membawa Indonesia tampil juara dan maju di dunia internasional.

Baca Juga: Heboh Varian Omicron, Begini Strategi Pemkab Cianjur Buat Deteksi Dini Kemunculannya

Baca Juga: Bulan Depan Akan Diresmikan, Terminal Leuwipanjang Bandung Miliki Fasilitas Seperti Bandara

Menurutnya, relawan ini akan bergerak secara masif dengan membentuk simpul-simpul di sejumlah daerah di pelosok Tanah Air guna mendeklarasikan hal serupa dengan tujuan sama.

“Banyak masyarakat yang menyambutnya. Bahkan tak sedikit yang meminta beliau menjadi presiden. Kita tangkap dukungan tersebut dan kita bentuk relawannya sehingga gelombang dukungan menjadi lebih nyata dan besar,” kata dia.

Pengamat politik dari Polnet Indonesia Fajar Nugraha mengatakan kemunculan sejumlah relawan untuk mendeklarasikan calon presiden untuk Pemilihan Presiden 2024 merupakan hal wajar menjelang tahun politik.

Baca Juga:  Cianjur Habiskan 10 Juta Liter Air Selama Musim Kemarau, Wilayah Kekeringan Terus Bertambah

Sejauh ini, kata dia, sudah ada relawan pendukung Ganjar Pranowo bernama Sahabat Ganjar, lalu ada Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera yang mendukung Anis Baswedan. Sekarang pun, kata dia, ada Relawan Kebangsaan 24 (RK-24) yang secara terbuka mendukung Ridwan Kamil.

Baca Juga: Doddy Sudrajat: Vanessa Ingin Dimakamkan Satu Makam dengan Mamanya

Baca Juga: Yuk Simak Cara Mudah Mengeluarkan Air yang Masuk Ke Telinga

“Sebelum masuk gelanggang pertarungan, para kandidat harus memasuki tahapan awal yang disebut pemunculan. Pada tahapan ini, nama mereka harus sering dibicarakan, dikenal publik,” kata Fajar.

Baca Juga: Inilah Empat Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Baca Juga: Jokowi Heran dengan Banyak Mural Berisi Keritakan Pemerintah Dihapus, Perintah Siapa?

Baca Juga:  Kuncie dan SBM ITB Luluskan 112 Wisudawan Mini MBA, Kualitas Jangan Ditanya

Fajar menilai kekuatan dari para relawan sangat penting guna meningkatkan elektabilitas para kandidat walaupun pada akhirnya akan terjadi ruang kompromi dan negosiasi dengan partai politik.

“Sangat memungkinkan ruang negosiasi tersebut dimenangkan oleh tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi, karena polanya partai akan mendukung tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi untuk meraih kemenangan,” kata dia.

Apabila melihat pola pemenangan Ridwan Kamil pada kontestasi pilkada sebelumnya, baik Pilwalkot Bandung 2013 dan Pilgub Jabar 2018, menurutnya kemenangan tersebut tak lepas dari para relawan yang bukan berbasis partai politik.

“Pola ini yang saya lihat akan digunakan Ridwan Kamil. Basis Relawan Kebangsaan 24 ini diperluas di Indonesia. Saya pikir tidak cukup sulit bagi RK untuk mendapatkan dukungan lebih luas dengan modal ruang media sosial yang ia miliki,” kata dia pula.***