Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi Seksi 1

JABARNEWS | KOTA SUKABUMI – Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 1, Sabtu (1/12/2018) siang.

Dalam peresmian juga hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, dan direksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) juga akan hadir dalam peresmian ini.

Dietahui ruas jalan tol Bocimi seksi I sepanjang 15,35 kilometer (km) menyambungkan Ciawi hingga Cigombong, Jawa Barat, ini awalnya ditargetkan akan beroperasi penuh akhir Oktober 2018. Sebelumnya, ruas tol ini sudah difungsikan secara fungsional selama Lebaran kemarin.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Berharap Tak Hanya Manggis yang Tembus Pasar Luar Negeri

Tol Bocimi memiliki total panjang 54 km yang terdiri atas lima seksi. Meski baru 1 seksi yang beroperasi, namun pemerintah yakin, beroperasinya tol Bocimi seksi 1 akan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Timur dan Selatan Bogor, sehingga mobilisasi akan semakin lancar.

Sejarah panjang dialami oleh jalan tol ini, mulai dari mangkrak, hingga gonta-ganti investor. Bahkan, penetapan pemenang lelang investasi jalan tol ini telah dilakukan sejak tahun 1997.

Baca Juga:  Jika Terjaring Operasi, Pemudik ke Garut Mesti Lakukan Ini

Kala itu, Konsorsium Bukaka Teknik Utama yang menjadi pemenangnya. Tetapi, sejak ditentukan sebagai pemenang, penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) baru dilakukan pada tahun 2007, atau berselang 10 tahun sejak penetapan pemenang.

Investor pun sempat berkali-kali bergantian untuk proyek ini hingga akhirnya pada 2015, PT Waskita melalui anak usahanya Waskita Toll Road secara bertahap mengambil alih kepemilikan jalan tol-jalan tol yang dikuasai MNC Toll Road.

Baca Juga:  Nyi Roro Kidul di Pantai Bali Lestari Jadi Daya Tarik Serdang Bedagai

Setelahnya, pada Februari 2015, ground breaking dilakukan untuk konstruksi seksi I jalan tol Bocimi dengan rute Ciawi-Cigombong.

Sementara Polres Sukabumi menurunkan sebanyak 121 personel untuk mengamankan peresmian tol Bocimi Seksi.

“Sebanyak 121 personel, setara empat pleton anggota kepolisian Polres Sukabumi kolaborasi dengan jajaran Polres Bogor mengamankan prosesi peresmian jalan tol Bocimi,” ujar Wakapolres Sukabumi Kompol Mujianto, dikutip sukabumiupdate.com. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat