Prosesi Mandi Kembang Lepas Siswa MI Miftahul Huda

JABARNEWS | MAJALENGKA – Prosesi mandi kembang saat mengakhiri kalender pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda di Desa Cidenok, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka terkesan lebih khidmat dan sakral.

Sejumlah siswa kelas 6 berbaris rapih di hadapan kepala sekolah dan sejumlah guru. Mereka maju satu persatu dan disiram air kembang oleh kepala sekolah dan para guru . Para siswa diguyur air kembang tujuh rupa yang telah dipersiapkan sebelumnya. Mereka juga mulai diguyur dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Baca Juga:  Pencari Kerja Siap-siap! Ada Job Fair di Cianjur Juli Nanti, Tersedia 2.000 Loker

Kepala MI Miftahul Huda, Eye Royani, mengatakan, kegiatan kelulusan murid-murid kelas 6 tahun pelajaran 2017/2018 ini dilakukan dengan mandi kembang tujuh rupa, setelah seluruh murid kelas 6 memperoleh surat kelulusan dan dinyatakan keseluruhannya lulus semua.

“Total jumlah siswa kelas 6 tahun ini yakni 22 siswa dan alhamdulillah semuanya dinyatakan lulus. Kami sengaja melakukannya dengan prosesi mandi kembang untuk dikenang para siswa,” katanya, Rabu (6/6/2018).

Baca Juga:  Kasus Bentrok FPI-Polisi, Komnas HAM Periksa Senjata Api

Eye menambahkan, selain itu, mandi kembang saat kelulusan ini bertujuan sebagai rasa syukur atas karunia Allah yang diberikan kepada seluruh warga pendidikan MI Miftahul Huda khususnya murid kelas 6, yang sebelumnya telah berjuang mengikuti jenjang pendidikan selama 6 tahun.

“Enam tahun mereka menuntut ilmu di lingkungan madrasah ini, semoga mereka semuanya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan Sekolah lanjutan pertama,” ungkapnya.

Salah seorang siswa, Ade Supriyadi (11), mengatakan, 6 tahun terasa sangat cepat, dalam menuntut ilmu di MI Miftahul Huda, suka duka telah dirasakan dan berbagai pengalaman serta ilmu pendidikan dasar telah diperoleh.

Baca Juga:  Purwakarta Bakal Gelar Kompetisi ML Khusus Gamers Perempuan

“Kami atas nama siswa kelas 6 berterima kasih kepada Kepala Sekolah dan seluruh guru yang telah sabar mendidik kami semua, semoga ilmu yang didapat selama kami sekolah disini bermanfaat di kemudian hari” pungkasnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat