Puluhan Ribu Wisatawan Habiskan Libur Lebaran Kurban di Purwakarta

Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. (Foto: Gin/JabarNews).

Data Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta menyebutkan bahwa sebanyak 44.113 wisatawan tercatat berkunjung ke Purwakarta selama masa libur Lebaran Kurban, antara 28 Juni – 2 Juli 2023.

Para wisatawan mengunjungi sedikitnya 37 berbagai jenis destinasi wisata di Purwakarta, seperti Taman Air Mancur Sri Baduga, Curug Ciampea, Situ Wanayasa, dan Museum Nasional Indonesia.

Baca Juga:  Lika-liku Honorer Garut: CPNS Masih Lama, Sertifikasi Terganjal SK Bupati

Ambu Anne menerangkan, jika satu wisatawan membelanjakan Rp100 ribu hingga Rp200 ribu saja selama berwisata ke Purwakarta, maka bisa diperoleh penerimaan antara Rp4,411 milyar hingga Rp8,822 milyar.

Baca Juga:  Polres Cianjur Ungkap Delapan Tersangka Kasus TPPO, Begini Modusnya

Jumlah ini merupakan angka yang cukup besar yang bisa mengalir kepada para pelaku usaha sektor pariwisata di Purwakarta.

“Berapa jumlah persis dari kunjungan para wisatawan selama Lebaran Kurban itu tentu masih dikalkulasi dengan cermat oleh dinas terkait. Namun yang pasti, saya sangat bersyukur bila penerimaan dari belanja para wisatawan itu bisa mengalir ke masyarakat pelaku usaha, khususnya para pelaku usaha dari UMKM,” katanya.

Baca Juga:  Anggota Panwaslu Garut Yakin Ketuanya Tak Korupsi