Ridwan Kamil Tegaskan Jabar Siap Bantu Penerjemahan Kitab Babad Padjadjaran

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat berkunjung ke rumah Butet Kartaredjasa di Bantul, DIY, Rabu (6/4/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | YOGYAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa Jabar siap membantu upaya penerjemahan kitab Babad Padjadjaran dari bahasa Jawa kuno ke bahasa latin dan Indonesia.

Penerjemahan kitab Babad Padjadjaran penting guna mengetahui sejarah dengan lebih pasti dalam konteks hubungan kultural antara Sunda dan Jawa.

Baca Juga:  Makhluk Berwujud Harimau Konon Menjaga Makam Eyang Prabudilaya

Upaya ini juga dimaksudkan untuk menjaga kesejukan budaya menjelang hajat demokrasi 2024.

“Ini adalah tahap dua (kerja sama) dengan non- Government, wujudnya community to community,” kata Ridwan Kamil saat bertemu budayawan Bambang Ekoloyo Butet Kartaredjasa yang akrab dipanggil Butet Kartaredjasa di kediamannya, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga:  Diklaim Berhasil, Ridwan Kamil Ingin OPOP Dilanjutkan ke Tingkat Nasional

Kerja sama budaya Jabar-DIY sudah dimulai dengan saling kunjungan gubernur masing-masing Desember 2021. Diawali dengan sowan Gubernur Ridwan Kamil yang dibalas dengan napak tilas Sri Sultan Hamengkubuwono X sekaligus pertemuan budaya di Kota Bandung. Kini di awal 2022, Ridwan Kamil ingin memperkuat jalinan kerja sama.

Baca Juga:  Ada Jalan Mirip Kubangan Kerbau di Agrabinta Cianjur