Sebanyak 5.118 Ekor Hewan Ternak di Garut Sembuh dari PMK

Ilustrasi kasus PMK pada hewan ternak. (Foto: Dok. JabarNews).

“Tim teknis kesehatan hewan telah melakukan pelayanan kesehatan hewan berupa pengobatan pada ternak bergejala PMK dan suportif di ternak tak bergejala dengan total populasi 9.779 ekor ternak,” jelasnya.

Menurut Sofyan, dari total penanganan populasi ternak itu sebanyak 5.118 ekor sembuh setelah dilakukan upaya pengobatan dengan injeksi antibiotik, antipiretik, vitamin, dan obat luka.

Baca Juga:  Gerak Cepat, Polsek Purwakarta Sosialisasi Antisipasi PMK ke Pemilik Hewan Ternak

“Pengobatan ternak bergejala PMK dengan injeksi antibiotik, antipiretik, terapi suportif dengan injeksi vitamin, pemberian spray iodine dan antilarva pada daerah mulut dan kuku yang luka,” tuturnya.

Baca Juga:  Rudy Gunawan Sebut Ada 1.400 Pangkalan Gas Subsidi di Garut, Bisa Mudahkan Masyarakat?

Tim kesehatan hewan selama ini, lanjut Sofyan, selain pengobatan dan vaksinasi juga memberlakukan karantina, kemudian biosekuriti, penyemprotan disinfektan di area kandang yang terdampak, dan upaya lainnya untuk menekan kasus kematian yang saat ini tercatat 488 ternak mati.

Baca Juga:  Polres Garut Dalami Sopir Angkutan Umum yang Positif Narkoba Usai Jalani Tes Urin di Terminal Guntur

“Langkah penanganan situasi PMK yang telah dilakukan surveilans laporan kasus PMK, karantina wilayah kasus, biosekuriti dan sebagainya,” ungkapnya.