Selalu Meluap, Warga Minta Normalisasi Sungai Cipelang Jatitujuh

JABARNEWS | MAJALENGKA – Sungai Cipelang yang mengalir ke wilayah Desa Putri Dalem, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka terkadang meluap ke pemukiman warga. Kondisi ini sering terjadi mengingat intensitas air hujan yang kerap turun belakangan ini. Sehingga, masyarakat mendesak pemkab untuk melakukan upaya normalisasi.

Tokoh Pemuda Desa Putri Dalem yang juga Ketua Slanker Majalengka, Amin Halimi mengatakan, pada musim hujan seperti saat ini, pihaknya selalu khawatir dan waspada, mengingat luapan Sungai Cipelang terkadang naik ke pemukiman, dan nyaris banjir ke rumah-rumah warga.

Baca Juga:  Dibonceng Kekasih, Perempuan Asal Serdang Bedagai Tewas Ditabrak Truk

“Sewaktu hujan besar kemarin, luapan sungai sempat naik dan merangsek masuk ke pemukiman. Meski tidak parah, tapi itu cukup membuat kami semakin waspada,” ungkapnya, Sabtu (5/1/2019).

Baca Juga:  Jaringan Narkoba Antar Provinsi Digagalkan Polda Sumatra Utara, 99 Kg Sabu Gagal Masuk Medan

Amin berharap sekaligus meminta kepada pemkab untuk segera mengantisipasi persoalan tersebut dengan cara normalisasi sungai dan atau ‎pembuatan saluran untuk pembuangan air.

“Harus ada normalisasi sungai, serta harus ada pembuangan air, supaya warga Putri Dalem tidak kebanjiran. Perlu diketahui tanggul itu jebol karena klepnya sudah pada bocor, sehingga luapan air sungai mulai masuk kepemukiman,” ungkapnya.

Baca Juga:  Peringati HDI, Dinsos Jabar Adakan Perlombaan Baca Al-Quran Isyarat dan Braille

Hal senada diungkapkan masyarakat setempat lainnya, Carda. Menurutnya pemkab segera turun tangan untuk mengatasi persoalan banjir, yang tak menutup kemungkinan akan menerjang desa-desa yang dilintasi Sungai Cipelang.

“‎Bukan hanya Putri Dalem saja yang dilewati Sungai Cipelang, makanya pemerintah harus segera mencari solusinya dan segera eksyen ke lapangan,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat