Seorang Anak di Purwakarta Positif Polio, Begini Penjelasan Dinkes

Dinkes Purwakarta
Kabid P2P, Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta, dokter Eva Lystia Dewi. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Seorang anak berusia 4 tahun yang tinggal di Kabupaten Purwakarta, Purwakarta, teridentifikasi mengalami polio. Anak balita positif polio pasca memiliki riwayat gejala gangguan tumbuh kembang.

Kabid P2P, Dinas Kesehatan (Dinkes) Purwakarta, dokter Eva Lystia Dewi mengatakan, berdasarkan hasil tes yang keluar 14 Maret 2023, ada satu kasus dengan polio positif pada anak umur 4 tahun 5 bulan di wilayah Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Dandim Purwakarta Pastikan Kebakaran Lahan di Bungursari Sudah Padam

“Anak tersebut tidak dapat berjalan dan berbicara. Pernah mengalami kejang, demam. untuk kondisi saat ini tidak ada keluhan akut yak, namun memang kelemahan di kedua tungkainya,” ucap Eva, saat ditemui di kantornya, pada Senin, 20 Maret 2023.

Baca Juga:  Ini Langkah KCD Wilayah IV Disdik Jabar Cegah Pelajar Terlibat Geng Motor

Dijelaskannya, jadi kalau kelemehanannya pada anak ini sudah terjadi sejak usia dua tahun, sedangkan dari teori untuk folio atau yang disebut Akut Flaksit Paralisis (AFP) itu kelemahannya terjadinya kurang dari 14 hari.

Baca Juga:  Sopir Ambulans di Purwakarta Nunggak Iuran BPJS, Dedi Mulyadi Ulurkan Tangan

“Kronologisnya pada anak ini sejak 2 tahun ada kelemahan pada kedua tungkainya. Hal ini disampaikan kedua orang tuanya pada 2 tahun sang anak jalannya belum lancar,” ungkap Eva.