Setiawan Wangsaatmaja Komitmen Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik secara Pentahelix

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja saat menjadi keynote speech pada Seminar Pentahelix Collaboration di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (9/11/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan bahwa pihaknya terus mendukung ekosistem keberlangsungan kendaraan listrik di Jabar.

Upaya ini pun dilakukan secara Pentahelix dengan melibatkan akademisi, dunia usaha, komunitas, media, dan unsur pemerintahan. Dari unsur akademisi, Pemda Provinsi Jabar salah satunya menggaet University of Nottingham UK.

Baca Juga:  Sebanyak 129 Korban Gempa Cianjur Jalani Perawatan di Kota Bandung

Kebersamaan kedua belah pihak adalah dalam rangka pengembangan unit kendaraan listrik itu sendiri. Ini penting, kata Sekda karena seiring bertambahnya jumlah penduduk Jabar, maka penggunaan kendaraan pun akan terus bertambah.

Baca Juga:  Pelantikan Kades di Pangandaran Tidak akan Dilakukan Secara Serentak, Ini Alasan Jeje Wiradinata

Sementara itu, efek samping dari masifnya penggunaan kendaraan adalah polusi akibat emisi kendaraan berbahan bakar minyak (BBM). Maka upaya penurunan emisi di bidang transportasi yakni lewat konversi ke kendaraan listrik dan penggunaan energi baru terbarukan (EBT).

Baca Juga:  Prawira, Tim Basket Kota Bandung Rebut Kembali Trofi IBL, Setelah 25 Tahun

Berdasarkan data dari Open Data Jabar, jumlah kendaraan bermotor di Jabar pada tahun 2021 sebanyak 16,3 juta unit. Adapun hingga saat ini jumlah kendaraan listrik di Jabar baru sekitar 545 unit.