Sungai Cirumpak Baya, Desa Palasari Dipenuhi Sampah

JABAR NEWS | CIANJUR – Tumpukan sampah yang berada di Sungai Cirumpak Baya, Kampung Padarincang Jambu, Desa Palasari, Kecamatan Cipanas kian mengkhawatirkan.

Pasalnya, sungai semakin tercemari oleh sampah rumah tangga yang dibuang oleh warga sekitar. Sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap. 

Salah seorang pengguna jalan, Rahmat Purnama Alam (23) menyayangkan banyaknya sampah di sekitar jembatan sungai Cirumpak Baya.

Semestinya warga bersama pemerintah setempat bisa bersama-sama menjaga lingkungan, salah satunya dengan cara tidak membuang sampah. 

Baca Juga:  Cat Rambut Mise En Scene Hello Bubble

“Agar warga tidak membuang sampah sembarangan pemerintah semestinya menyediakan tempat pengelolaan sampah. Sampah jika dikelola bisa bernilai ekonomis, namun jika sebaliknya sampah bisa menjadi mala petaka bagi kelangsungan hidup warga sekitar,” kata Rahmat saat dimintai tanggapan, Rabu (23/08/2017).

Menurutnya, kelalaian warga harus diantisipasi oleh pemerintah setempat. Pemerintah semestinya berinisiatif menyediakan tempat pengelolaan sampah sehingga warga Desa terfasilitasi.   

Baca Juga:  BPJAMSOSTEK Purwakarta Kumpulkan Sejumlah Perusahaan

“Selama tidak disediakan, warga akan tetap membuang sampah sembarangan. Makanya pemerintah setempat harus menyediakan pengelolaan sampah apapun itu caranya,” sarannya. 

Sementara itu, Kepala Desa Palasari, Kecamatan Cipanas, Jaya Wijaya melalui Kepala Pemerintahan Wawan Kurniawan berjanji akan membangun Bak penampung sampah agar warga tidak lagi membuang sampah ke sungai. 

“Ada sepetak tanah lokasinya tidak jauh dari jembatan. Rencananya kami akan bangun bak penampung sampah,” jelasnya. 

Baca Juga:  Innalillahi, Sang Legenda Ricky Yakobi Meninggal Saat Bermain Sepakbola

Selain itu, ia berjanji akan menyediakan armada pengangkut sampah pada 2018. Selama ini pengelolaan sampah diserahkan kepada Sub Unit Karang Taruna di masing-masing wilayah. 

“Sebetulnya tidak ada alokasi anggaran untuk penyediaan bak penampung sampah. Namun jika memang itu kebutuhan maka akan dialokasikan,” pungkasnya. (Wan)

Jabar News I Berita Jawa Barat