Tingkatkan Inovasi Pembelajaran, UPI Kampus Purwakarta Gelar Pelatihan Guru Paud

Pelatihan bagi para guru PAUD yang digelar UPI Kampus Purwakarta. (Foto: Dok UPI Kampus Purwakarta)

Sementara, penitia pelatihan, Hanny Anisa Amalia menyebut, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan sekaligus pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dengan pendekatan tari kreatif.

“Tentunya, dalam pembelajaran tari kreatif ini, anak adalah actor utama yang menciptakan gerak baru. Anak diberi ruang kebebasan seluas-luasnya untuk berfikir dan menciptakan gerakan sendiri,” ucap Anisa didampingi panitia lain Nur Alfat Nadilah, dan Elzawati.

Baca Juga:  Antisipasi Kenaikan Jumlah Pemudik, Polrestabes Siapkan sejumlah Titik Pos Pengamanan

Adapun perandari seorang guru, kata dia, adalah membangkitkan motivasi dan memberi arahan kepada anak secara individu, karena setiap anak mempunyai tingkat kreativitas yang berbeda.

Baca Juga:  Dua Pabrik Tahu di Bogor Gunakan Formalin, Produknya Dipasarkan di Wilayah Jakarta hingga Tangerang

“Jadi, jelas sumber kreativitas gerakan tari yang baik adalah dari, oleh, dan untuk anak-anak itu sendiri. Oleh karena itu, unsur yang terpenting dalam suatu kegiatan eksplorasi gerak adalah adanya komunikasi yang baik antara guru anak untuk menciptakan konsep tari yang diinginkan bersama,” imbuhnya.

Baca Juga:  Bamsoet Harap Kerja Sama RI dengan Rusia Terus Ditingkatkan

Aspek kreativitas dalam seni tari, kata Anisa, yang diutamakan adalah kemampuan anak dalam suatu proses atau cara bertikir yang menghasilkan sesuatu yang baru dan berbeda.