Upacara Bendera Peringatan HUT RI Ke-72 di Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 72 di Purwakarta berlangsung khidmat dan meriah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan ini diawali dengan kirab bendera merah putih dengan menggunakan kereta kencana dari Diorama Purwakarta di Jalan KK Singawinata menuju Jalan Mr Dr Kusuma Atmadja, lokasi Taman Pesanggrahan Padjadjaran tempat upacara bendera digelar.

Susana sakral tampak begitu terasa di sepanjang rute  tersebut dan turut menyita perhatian masyarakat. Setelah tiba di lokasi, upacara pun digelar.

Baca Juga:  Pengunjung Wisata Lembang Tak Capai Target Saat Libur Panjang, Apa Benar?

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi bertindak sebagai Inspektur Upacara. Ia hadir dengan mengenakan seragam kebesaran ala Proklamator RI, Soekarno.

Dalam amanatnya, pria yang akrab disapa Kang Dedi tersebut mengungkapkan bahwa tidak ada kesuksesan pembangunan suatu bangsa tanpa berpijak pada kearifan lokal bangsa setempat.

Momen pengibaran Bendera Merah Putih, Kamis (17/08/2017). (Foto: Red)

Sebab menurut dia, basis kearifan lokal merupakan pertahanan kehidupan kebangsaan yang harus selalu terpelihara.

Baca Juga:  bank bjb Raih Platinum Rank Asia Sustainability Reporting Rating 2022

“Kita harus memahami karakter wilayah kita sendiri. Dari Sabang sampai Merauke terdiri dari berbagai suku bangsa. Dari sinilah kearifan lokal suku bangsa itu berperan sebagai pertahanan negara yang sesungguhnya,” jelas Dedi, Kamis (17/08/2017).

Berangkat dari argumentasi ini, lanjut Dedi, setiap anak bangsa memiliki kewajiban untuk mengemban amanah dan mengembangkan potensi yang dimiliki bangsanya, bukan malah menggerogoti kekayaan alam milik bangsanya.

Baca Juga:  Plt Bupati Berupaya Wujudkan Subang Ramah Disabilitas

“Renungan instrospeksi kita sebagai anak bangsa harus diukur oleh seberapa besar cucur air mata untuk bangsa ini. Apa yang harus kita berikan untuk bangsa ini, bukan apa yang kita dapatkan dari bangsa ini,” tegasnya.

Upacara bendera diakhiri dengan penampilan teaterikal dari pelajar SMAN 1 Purwakarta sebagai hasil pembinaan dari KODIM 0619 Purwakarta yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat