Waduh! Ribuan Balita di Bekasi Terindikasi Alami Obesitas

Obesitas Anak
Ilustrasi Obesitas anak. (Foto: Shutterstock).

“Kemudian persoalan di wilayah-wilayah urban seperti di Kabupaten Bekasi itu banyak orang tua yang bekerja. Bapak dan ibunya pergi pagi dan pulang malam, sementara bayinya diasuh orang lain. Bisa jadi, agar diam si bayi dikasih makanan minuman manis secara terus-menerus hingga memicu obesitas,” kata Supriadinata dikutip JabarNews.com dari Suara.com, Senin (3/6/2023).

Baca Juga:  Cek Kesiapan Pemilu, Bawaslu Purwakarta Lakukan Apel Siaga Pengawasan

Dia menyatakan, obesitas pada balita juga bisa disebabkan faktor internal, yakni keturunan atau kelainan genetik meski kecenderungan faktor ini relatif lebih kecil dibandingkan pengaruh lingkungan luar, yakni pola makan tidak sehat dan berlebihan.

Baca Juga:  Prioritaskan Persawahan, Pemkab Purwakarta Batalkan Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga

“Mengacu teori klasik H.L. Bloom, penyakit yang ditimbulkan akibat faktor genetik peluangnya cenderung lebih kecil hanya 10 persen,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Masrikoh mengatakan dari total 1.440 balita obesitas, 275 di antaranya bahkan masih berusia di bawah dua tahun (0-23 bulan).

Baca Juga:  Pesan Ridwan Kamil ke Mahasiswa di UIN SGD: Kami Sudah Sepuh, Kalian Pemegang Bendera Emas Indonesia

Dari 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi tercatat hanya dua kecamatan yang saat ini terbebas dari masalah obesitas pada balita yakni Kecamatan Pebayuran dan Cabangbungin.