Yang Disebut-sebut Cawapres Jokowi Buka Suara

JABARNEWS | JAKARTA – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy, mengungkap 10 nama yang sedang dipertimbangkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi calon wakil presidennya pada Pemilihan Presiden 2019, beberapa waktu lalu. Dari kalangan politisi, ada nama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dan Romahurmuziy.

Selanjutnya, juga ada nama yang berasal dari kalangan ulama, yakni Rais ‘Aam PBNU yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Baca Juga:  Amukan Sungai Cisolok Sukabumi Diabadikan Warga, Beredar di Medsos

Dari kalangan teknokrat, ada nama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sementara dari kalangan akademisi ada nama Mahfud MD dan dari kalangan purnawirawan TNI ada nama Jenderal (Purn) Moeldoko. Adapun, ada nama Chairul Tanjung dari kalangan pengusaha.

Menanggapi  pernyataan Romi, Susi mengaku, tidak menanggapi serius.

Baca Juga:  Tingkatkan Kinerja Wartawan, PWI Majalengka Segera Gelar UKW

“Romi itu teman SMA saya. Jadi mungkin dia enggak enakan saja kalau enggak masukin nama saya,” ujar Susi , dikutip Kompas, Kamis (19/7/2018).

Lain halnya dengan Sri Mulyani. Ketika dijumpai di Istana Presiden Bogor, Rabu siang, Sri nampak tak tertarik untuk menjawab pertanyaan seputar itu.

“Silakan bicara dengan asumsi yang lain. Sudah ya,” ujarnya.

Sementara Airlangga saat ditemui di tempat yang sama mengatakan, meskipun Partai Golkar, partai politik yang dipimpinnya bulat mengajukan dirinya sebagai cawapres Jokowi di 2019, namun ia tetap menyerahkan keputusan akhir kepada Jokowi sendiri.

Baca Juga:  PUPR Matangkan Rencana Bantu Pembuatan Jalan Layang Soekarno-Hatta

“Jadi itu (pengajuan dirinya sebagai cawapres) merupakan sesuatu yang sudah diputuskan partai dan kami konsisten dengan itu. Tapi pada prinsipnya Partai Golkar menyerahkan itu ke Bapak Presiden,” ujar Airlangga. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat