• Kamis, 2 Desember 2021

Warga Cimahi Tuntut Pembebasan Lahan Kereta Cepat, Mirza Soraya: BPN yang Tentukan

- Senin, 15 November 2021 | 19:44 WIB
Penyerahan dana kerohiman dari PT KCIC kepada warga Kota Cimahi, Jawa Barat, Minggu 14 November 2021.  (Dok. KCIC)
Penyerahan dana kerohiman dari PT KCIC kepada warga Kota Cimahi, Jawa Barat, Minggu 14 November 2021. (Dok. KCIC)

JABARNEWS | CIMAHI – Sejumlah warga menuntut pembebasan lahan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Kampung Lembur Sawah Cihonje, RT 4 RW 16, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memberi jawaban terhadap tuntutan tersebut. GM Corporate Secretary PT KCIC Mirza Soraya menyatakan, pembebasan untuk proyek KCJB ditentukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Artinya, kata Mirza Soraya, area yang akan dibebaskan untuk proyek kereta cepat tidak bisa asal karena sudah ditentukan pemerintah. Pembebasan lahan proyek pun mengacu pada undang-undang. 

Baca Juga: Kapolda Jabar: Kasus Subang Perlu Segera Diungkap, Ini Menyangkut Integritas Polri

"Titik-titik pembebasan lahan ditentukan oleh pemerintah dalam hal ini BPN, sehingga pembebasan lahan mengacu pada titik tersebut," ujar Mirza Soraya, Senin 15 November 2021.

Maka dari itu, mengenai adanya tuntutan pembebasan lahan dari warga Kampung Lembur Sawah Cihonje, Kota Cimahi, Mirza Soraya menyebut pihaknya tidak bisa melakukan hal itu. Mengingat, kawasan tersebut tidak termasuk pada area yang dibebaskan. 

Meski begitu, karena berada di sekitar trase KCJB, Mirza Soraya menyatakan bahwa KCIC bersama konsorsium kontraktor tetap melakukan upaya-upaya mitigasi bencana. 

Baca Juga: Seri Tiga Liga 1, Kapten Persib Ajak Rekan se-Timnya Terus Bekerja Keras

Tujuannya, terang dia, apabila pembangunan KCJB berpotensi menimbulkan dampak lingkungan, maka hal tersebut bisa dicegah atau diminimalisasi. 

Halaman:

Editor: Yoyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK dan Bank Bjb Gelar Bulan Inklusi Keuangan 2021

Senin, 15 November 2021 | 17:33 WIB

Ridwan Kamil Tegaskan Tak Ingin Dengar Ada BUMD Rugi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:30 WIB
X