Cinta Lingkungan ala Milenial Tunisia

Nata Sutisna bersama komunitas pencinta lingkungan di Tunisia. (foto: istimewa)

“Tounes Clean Up” adalah organisasi kepemudaan yang berada di bawah naungan Kementerian Pertanian Tunisia. Sedangkan “Soli and Green” adalah organisasi kepemudaan non-pemerintah. Tetapi keduanya sama-sama fokus dalam isu lingkungan dan dalam pelaksanaan programnya pun kedua komunitas ini senantiasa berkolaborasi. Sejak awal tahun 2022, saya telah bergabung dalam berbagai kegiatannya seperti penghijauan yang dilakukan di musim dingin dan bersih-bersih sampah yang dilakukan di musim panas.

Baca Juga:  Ribuan Mahasiswa Uninus Bandung Resmi Diwisuda, Ini Pesannya

Selama musim dingin, komunitas Tounes Clean Up dan Soli and Green mengunjungi daerah-daerah yang hutannya gundul atau rusak akibat kebakaran, lalu mereka melakukan penanaman pohon. Adapun di musim panas, mereka melakukan kampanye kebersihan lingkungan dengan melakukan kegiatan bersih-bersih sampah.

Di antara kawasan yang diutamakan untuk dibersihkan adalah kawasan pantai yang di musim panas selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun internasional. Mereka para milenial yang tergabung di Komunitas Tounes Clean Up dan Soli and Green ingin memastikan bahwa kawasan pantai bersih dari sampah plastik yang dapat membahayakan ekosistem laut.

Baca Juga:  Wabah Virus Cacar Monyet Mengancam Dunia

Setiap pekan, kampanye dan kegiatan kebersihan itu senantiasa dilakukan. 100 relawan dalam setiap kegiatan yang terdiri dari para pemuda saling bahu membahu menjaga kebersihan dan keindahan alam negerinya. Spirit cinta tanah air dan persatuan menjadi energi yang mereka hidupkan. Sejak saya bergabung mengikuti kegiatan ini, telah lebih dari 20 ribu pohon yang ditanam. “Target 12 juta pohon akan kita tanam dalam rangka menjaga masa depan dunia yang lebih baik”, ungkap salah satu pendiri dari komunitas Soli and Green kepada saya.

Baca Juga:  Menghidupkan Kemanusiaan dan Toleransi Ala Buya Syafii