Begini Tips Mengantisipasi Kontrak Kerja yang Tidak Diperpanjang

JABARNEWS | BANDUNG – Status karyawan kontrak menjadi satu kekhawatiran tersendiri bagi karyawan. Maka dari itu, ada tips mengantisipasi kontrak kerja yang tidak diperpanjang.

Sejumlah tips mengantisipasi kontrak kerja yang tidak diperpanjang ini tentunya penting untuk kalian ketahui terutama kalian yang sedang dalam kontrak perusahaan.

JabarNews.com melansir dari banyak sumber berikut beberapa tips mengantisipasi kontrak kerja yang tidak diperpanjang yakni:

Baca Juga: Apa Benar Daging Kambing Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi? Ini Kata dr. Haekal Anshori

Baca Juga: Cara Nonton Konser Kpop Virtual Agar Lebih Seru, Yuk Simak

Pertama. Sebar lamaran saat kontrak kerja hendak berakhir – Sebelum kontrak kerja berakhir di perusahaan sekarang, sebaiknya sebarkan lamaran kerja langsung di banyak perusahaan agar peluang untuk mendapatkan pekerjaan pengganti lebih besar.

Baca Juga:  Pasca Unras, Sekwan DPRD Jabar: Perbaikan Gedung Tak Makan Biaya Besar

Baca Juga: Mahasiswa Purwakarta Soroti Perhatian Bupati Untuk Pemuda

Baca Juga: Gus Irawan: Kesadaran Masyarakat Serdang Bedagai Ikuti Vaksinasi Covid-19 Cukup Tinggi

Kalau lamaran terlambat disebarkan, besar kemungkinan akan ada jeda kerja alias kamu jadi pengangguran untuk sementara waktu. Sebab, mencari kerja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu tidak bisa dapat pekerjaan pengganti dalam semalam sepintar apapun dirimu.

Baca Juga:  Menteri Nadiem Siapkan Skema Honor Layak bagi Guru Sekolah Swasta

Kedua. Mencari pekerjaan sampingan – Selain untuk mendapatkan uang masuk tambahan sewaktu masih produktif bekerja, pekerjaan sampingan juga menjadi aset tersendiri sewaktu kamu kehilangan pekerjaan utama.

Kamu masih bisa mendapatkan uang masuk untuk memenuhi kebutuhan hidup meskipun jumlahnya setengah dari total gajimu dulu.

Karena namanya pekerjaan sampingan, carilah yang sesuai passion dan waktunya fleksibel. Jadi, kamu tetap semangat mengerjakannya meskipun sudah lelah bekerja seharian karena kamu merasa cocok dengan pekerjaannya.

Baca Juga: Laga Lawan Persipura, Persib Akan Kenakan Jersey Utama

Baca Juga: Perekrutan Calon PMI Ilegal Terungkap, IRT Asal Cirebon Dibekuk Polisi

Baca Juga:  Aksi Ketangkasan Puluhan Tukang Beca Meriahkan Kemerdekaan di Garut

Ketiga. Menerapkan pola hidup hemat – Selain pangkal kaya, hemat adalah cara terampuh agar kebutuhan kamu bisa tetap terpenuhi saat kontrak kerja berakhir.

Baca Juga: Polres Pematangsiantar Tangkap Pelaku Cabul, Korban Masih di Bawah Umur

Baca Juga: Waspada! Ini Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan berhemat, gaji dari pekerjaan sampingan dijamin cukup untuk membiayai hidupmu selama satu bulan. Ditambah lagi dengan bantuan dana darurat.

Penghematan yang dilakukan cukup sederhana, seperti mengurangi kebiasaan nongkrong atau keluar rumah kalau tidak terlalu penting. ***