Dewan Pers Ingatkan Wartawan Jaga Netralitas Pemberitaan di Pemilu 2024

Pemilu 2024
Ilustrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Anggota Dewan Pers A Sapto Anggoro mengingatkan agar wartawan dan media untuk menjaga netralitas pemberitaan dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Sapto mengatakan, banyak media yang dikuasai pemodal yang juga aktif di politik. Wartawan profesional dan berkompeten harus bisa bersikap netral dalam menjalankan profesinya.

Baca Juga:  MK Tolak Seluruh Gugatan Uji Materiil UU Pers No.40/1999

Wartawan, lanjut Sapto, hendaknya bisa menyaring dan memilah informasi mana yang sebaiknya disampaikan ke publik dengan tetap menjaga netralitas.

Sikap netral dalam pemberitaan Pemilu, menurut Sapto, sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Pasal 1 KEJ menyatakan, wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk.

Baca Juga:  Robert Alberts Buka Suara Soal Asupan Gizi Para Pemain Persib

“Penafsiran kata berimbang berarti semua pihak mendapat kesempatan setara. Tidak beritikad buruk berarti tidak ada niat secara sengaja dan semata-mata untuk menimbulkan kerugian pada pihak lain,” kata Sapto dikutip dari laman resmi Dewan Pers, Senin (17/10/2022).

Baca Juga:  Soal Polemik Kasus UKW, Dirjen IKP Kemkominfo Tegaskan Dewan Pers Satu-satunya Lembaga Sertifikasi Wartawan