Hamil Saat Menstruasi, Bisakah?

JABARNEWS | BANDUNG – Langkah pertama untuk mengetahui apakah Anda bisa hamil pada saat tamu bulanan Anda datang adalah dengan memahami siklus menstruasi Anda.

Kebanyakan siklus wanita berlangsung sekitar 28 hari. Tetapi itu tidak selalu terjadi dan hal-hal bisa berubah dari bulan ke bulan.

Ada beberapa fase yang berlangsung dalam waktu tersebut (rata-rata) 28 hari, dimulai dengan fase menstruasi.

Pada hari Anda mendapatkan menstruasi adalah hari pertama dari siklus Anda dan itu berlangsung hingga tujuh hari atau lebih. Lalu ada fase folikuler, yaitu ketika tubuh Anda bersiap untuk membuahi telur.

Fase ovulasi terjadi ketika tubuh Anda melepaskan telur matang dengan tujuan menjadi terbuahi.

Baca Juga:  Komedian Sule Lamar Nathalie Holscher

Dan, akhirnya, ada fase luteal. Jika sel telur Anda dibuahi, Anda mungkin akan memiliki bayi dan jika tidak, lapisan rahim Anda akan turun seperti biasa, yang akan memulai periode Anda dan mengulangi siklusnya.

“Waktu dari mengeluarkan telur pada saat periode Anda jika Anda tidak hamil biasanya 14 hari. Variabelnya adalah fase pemanasan – fase folikel yang disebut – ketika telur sudah siap,” kata Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis Obstetri, Gynecology dan Ilmu Pengetahuan Reproduksi Yale School of Medicine, seperti dilansir laman Yahoo Health, Senin (20/8).

Baca Juga:  Surat Fadilah P. Salsabillah: Soroti Moral Remaja

Kapan pun Anda berhubungan seks, ada peluang yang bisa menghasilkan bayi – apakah Anda sedang haid atau tidak.

Tetapi melakukan hubungan seks saat sedang berovulasi adalah saat ketika Anda paling mungkin untuk hamil. Dan melakukan hubungan seks saat sedang menstruasi adalah kecil kemungkinannya bisa hamil.

“Secara umum, jika Anda memiliki siklus yang 23 hari, Anda mungkin berovulasi sekitar sembilan hari dan jika siklus Anda adalah 33 hari, Anda mungkin berovulasi pada hari ke 19,” kata Dr. Minkin.

Ovulasi berlangsung selama 12 hingga 48 jam, tetapi karena sperma bisa bertahan di tubuh Anda selama sekitar empat hingga lima hari, Anda bisa subur hingga tujuh hari atau lebih. Yang, Dr. Minkin tunjukkan, sebenarnya adalah jendela yang cukup lebar.

Baca Juga:  DPRD Purwakarta Panggil Manajemen PT IBR dan PJT II, Ada Apa?

Jika Anda mencoba untuk tidak hamil, Dr. Minkin menyarankan untuk selalu menggunakan perlindungan, baik itu alat kontrasepsi atau kondom.

Dan, jangan bergantung pada metode pencegahan yang diisukan lainnya, seperti menyemprot atau menarik keluar-karena mereka tidak berfungsi.

Jadi jika tujuan Anda adalah untuk tidak hamil, satu-satunya cara jitu untuk melindungi diri Anda adalah tidak berhubungan seks sama sekali. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat