Ingat! Operasi Patuh Lodaya di Purwakarta Mulai Berlaku Hari Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcarlantas di masa new normal, Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta menggelar Gelar pasukan Operasi Patuh Lodaya 2020 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, mulai tanggal 23 Juli hingga 05 Agustus mendatang.

Apel personel gabungan itu dipimpin langsung Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan di lapangan Mapolresl Purwakarta ditandai penyematan pita operasi kepada perwakilan personel polisi lalu lintas, polisi militer, dinas perhubungan, serta Satpol PP, pada Kamis (23/7/2020).

Dalam sambutannya, Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan menyampaikan bahwa keselamatan bagi pengguna jalan saat ini menjadi fokus perhatian.

Baca Juga:  Saat Ini, Pasien Covid-19 yang Jalankan Isoman di Jabar Sekitar 40.000 orang

“Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan, bahkan tidak dianggap penting. Hal ini dapat ditunjukkan dari kesadaran pengguna lalu lintas yang masih rendah. Untuk itu Operasi Patuh Lodaya ini bertujuan untuk menertibkan pengendara yang melanggar aturan serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas,” ungkapnya.

Ditambahkan Indra, dengan mengedepankan fungsi lalu lintas dengan penekanan peran aktif masing-masing personel satuan tugas (satgas) untuk menindak pelanggaran khususnya yang berpotensi penyebab kecelakaan.

Baca Juga:  Ada 63 Bacalon Peserta Pilkada Positif Covid-19, Ini Kata KPU

“Perlunya penambahan target operasi sesuai karakteristik wilayah, salah satunya kendaraan muatan berlebihan (overloading), sehingga sasaran yang akan dicapai diantaranya turunnya angka kecelakaan, dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas dapat terwujud,” ungkap Indra.

Selain menargetkan turunnya angka kecelakaan, sambung dia, juga mengimbau kepada anggota yang terlibat untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Pelaksanakan operasi ini dengan humanis serta sesuai dengan standart operating prosedure. Walaupun melakukan penindakan terhadap pelanggar tetap kita kedepankan senyum, sapa, salam. Patuhi SOP, laksanakan operasi secara humanis dan patuhi protokol kesehatan,” kata Indra.

Baca Juga:  Kemendagri Pastikan Pelaksanaan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal

Terpisah, Kepala satuan lalulintas Polres Purwakarta, AKP Zanuar Cahyo Wibowo, mengatakan selain menindak pelanggar lalu lintas, Operasi Patuh Lodaya 2020 ini juga menyasar pelanggar protokol kesehatan.

“Jadi untuk Operasi Patuh Lodaya 2020 ini sebenarnya tujuannya ada dua. Tujuan pertama meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib lalu lintas. Kedua ialah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan,” kata pria yang akrab disapa Bowo.

Karena itu, Bowo mengimbau pengendara mematuhi peraturan lalu lintas dan mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. (Gin)