Jangan Beri Bantuan Susu Untuk Bayi Korban Bencana

‎‎‎JABARNEWS | JAKARTA – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengimbau kepada donatur untuk tidak menyumbang susu bayi.

Dikutip kumpatan.com, karena menurutnya dalam kondisi pengungsian yang kurang steril pemberian susu pada bayi dikhawatirkan malah memicu penyakit.

Baca Juga:  Rentetan Merk Mobil Bekas Yang Banyak Dicari Oleh Pembeli

Kata Sutopo, kondisi pengungsian di Palu, Donggala dan sekitarnya masih memprihatinkan, namun bantuan dari banyak pihak terus berdatangan termasuk untuk bayi dan balita yang turut menjadi korban.

“Saya imbau kepada masyarakat, swasta, jangan memberikan susu khusus untuk bayi, karena susu itu memerlukan penanganan, perlu persiapan yang ketat,” ujar Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Minggu (7/10/2018).

Baca Juga:  Ingat, Jangan Pakai Masker Lebih dari 4 Jam

“Di pengungsian sangat terbatas, air bersihnya terbatas. Alat untuk mensterilkan botol dan dot sulit karena harus direbus. Karena tak hanya air dan kemudian diaduk,” lanjutnya.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi: Pelaksanaan PSBB Aneh, Cocoknya Berlaku di Kota

Sutopo khawatir hal itu malah membuat para bayi dan balita mengalami diare hingga dehidrasi. Bahkan, Sutopo menekankan bahwa imbauan itu sudah berdasarkan kebijakan bersama dengan beberapa pihak. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat