Keren, Seluruh Desa di Kabupaten Cirebon Akan Tersambung Internet

JABARNEWS | CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon terus berusaha untuk segera mewujudkan desa digital. Cita-cita tersebut sejalan dengan upaya fasilitasi jaringan internet di seluruh desa, yang sedang diupayakan oleh Pemkab Cirebon.

Hal itu dikatakan Bupati Cirebon, Imron Rosyadi saat kunjungannya ke Kecamatan Babakan, sembari silaturahmi dan mendengar masukan dari para kuwu dan juga Muspika setempat, Kamis (23/7/2020).

“Kami berencana memfasilitasi jaringan internet di seluruh desa, kami juga menyampaikan sejumlah program yang sedang atau berencana dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon,” katanya.

Sementara itu, Asssisten I Bidang Pemerintahan, Hilmy Riva’i menuturkan, bahwa jaringan fiber optik akan segera tersambung di seluruh desa di Kabupaten Cirebon. Upaya ini, akan menjadikan Kabupaten Cirebon menjadi daerah pertama di Indonesia, yang seluruh desanya tersambung fiber optik.

Baca Juga:  Surat Terbuka Komisioner KPAI untuk Nadim Makarim, Simak Isinya

“Ini akan menjadi daerah pertama di Indonesia, yang seluruh desanya tersambung jaringan fiber optik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan update perkembangan yang ia terima dari Telkom, bahwa saat ini sudah terdapat sekitar 270 desa yang sudah tersambung fiber optik. Jumlah tersebut akan terus bertambah, hingga sebanyak 412 desa dan 12 kelurahan di Kabupaten Cirebon, bisa tersambung fiber optik.

Baca Juga:  Ingat, Hari Ini Pengumuman Pasangan Calon Pilkada 2020 Lewat Website

Pihaknya mencanangkan, program desa digital harus bisa direalisasikan pada awal tahun 2021 nanti. Ia berharap, ada salah satu desa yang bisa dijadikan percontohan awal untuk desa digital.

“Kalau memungkinkan dan siap, tahun 2021 seluruh desa di Kabupaten Cirebon, menjadi desa digital,” harapnya.

Menjelang dilaksanakannya program tersebut, ia meminta kepada seluruh kuwu bersiap-siap untuk bisa melaksanakannya.

“Kami meminta kepada perangkat desa, untuk diberikan kemampuan dalam menguasai IT, agar bisa mengoprasikan jaringan internet, “katanya.

Baca Juga:  Diskominfosantik Cianjur Ajak IKWI Perdalam Ilmu Kewirausahaan

Jika program tersebut bisa dilaksanakan, Hilmy mengklaim akan banyak terobosan-terobosan baru yang bisa dilaksanakan. Pihaknya sudah bekerjasama dengam sejumlah perbankkan, untuk bisa memfasilitasi sistem perbankkan di Bumdes.

“Nanti bisa narik uang lewat Bumdes. Bisa juga bayar yang lainnya,” katanya.

Selain itu, adanya fasilitasi jaringan internet untuk desa ini, diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik. Minimalnya, balai desa bisa dijadikan pusat akses internet masyarakat desa.

“Warga yang butuh internet tapi tidak punya kuota, bisa ke balai desa, “tutupnya. (CR2)