KH Ma’ruf Amin: Khittah Nahdlatul Ulama itu Islahiyah, Miliki Makna Ini

Wapres KH Ma’ruf Amin saat peluncuran dan bedah buku karya Ahmad Baso dan KH Zulfa Mustofa di Hotel Radisson, Bandar Lampung, Rabu (22/12/2021). (Istimewa)

JABARNEWS | LAMPUNG – Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menegaskan bahwa khittah Nahdlatul Ulama adalah perjuangan dalam rangka perbaikan. Hal itu juga yang diperjuangkan para nabi dan ulama.

Khittah Nahdliyah itu khittah islahiyah (perbaikan),” katanya saat peluncuran dan bedah buku Historiografi Khittah dan Politik Nahdlatul Ulama karya Ahmad Baso dan Tuhfatul Qashi wad Dani: Biografi Syekh Nawawi Al-Bantani karya KH Zulfa Mustofa di Hotel Radisson, Bandar Lampung, dilansri dari laman nu.or.id, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga:  Nama Ahyudin Terseret-seret Dugaan Penyelewengan Dana Umat ACT

Khittah tersebut diilhami dari Nabi Syuaib yang diabadikan dalam Al-Qur’an Surat Hud ayat 88, in uridu illal ishlah, Aku hanya bermaksud (mendatangkan) perbaikan.

Baca Juga:  Berikut Link Cek Kelulusan SBMPTN 2022

Lebih lanjut, Kiai Ma’ruf menjelaskan bahwa khittah memiliki makna berbeda dengan khatwah. Khittah merupakan sesuatu yang permanen, platform sebagai landasan kita berpikir. Sementara khatwah itu langkah-langkah dalam mewujudkan khittah itu.

Baca Juga:  Kartu Sembako Bakal Jadi Syarat Beli Elpiji 3 Kg Pada 2022, Begini Cara Mendapatkannya

“Untuk khittah itu terwujud, ada khathawat, langkah-langkah,” ujar Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.