KLHK Klaim Pengelolaan Sampah di Indonesia Terus Membaik, Benarkah?

Sampah
Ilustrasi Sampah. (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengklaim bahwa pengelolaan sampah di Indonesia terus membaik.

Hal tersebut terlihat dari masyarakat sudah semakin peduli terhadap masalah sampah yang membuat kegiatan pengelolaan sampah menjadi semakin baik.

Baca Juga:  SPDP Istri Ferdy Sambo Sudah Turun, Kejagung Bilang Begini

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3, KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, saat ini semakin banyak praktik pengelolaan sampah yang digerakkan oleh masyarakat maupun pelaku industri di berbagai daerah.

“Saya optimistis bila kita bekerja sama, maka sampah bisa teratasi,” kata Rosa saat diwawancarai di sela peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Baca Juga:  Ngatiyana Akui Sampah Jadi Masalah Serius di Kota Cimahi

Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian LHK mencatat komposisi sampah berdasarkan jenis didominasi oleh sampah sisa makanan sebanyak 41,9 persen, sampah tumbuhan (kayu, ranting, dan daun) 12 persen, sampah kertas atau karton 10,7 persen, sampah plastik 18,7 persen, dan sampah lainnya 6,9 persen.

Baca Juga:  Bima Arya Mulai Fokus Tangani Sampah di Bogor dari Sumbernya