Majalengka Punya Potensi Fosil Terbanyak

JABARNEWS | MAJALENGKA – Kabupaten Majalengka nyatanya punya banyak potensi ditemukannya fosil-fosil dinosaurus. Hal ini menyusul ditemukannya fosil gading gajah purba, Stegodon, oleh tim peneliti laboratorium Paleontologi Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dilansir halaman resmi ITB, juga telah dikutif sejumlah media online terkemuka.

Menanggapi hal tersebut, aktifis Grup Majalengka Baheula (Grumala), Nana Rohmana, atau yang akrab dipanggil Naro mengatakan dengan ditemukannya fosil Stegodon di wilayah Majalengka, telah cukup menunjukkan bahwa wilayah kota angin punya banyak potensi ditemukannya beragam fosil binatang purba jutaan tahun silam.

Baca Juga:  Soal Keanekaragaman Laut, Edhy Prabowo: Sumber Kesejahteraan Bangsa

“Majalengka memang punya banyak potensi ditemukannya fosil. Ya, di sosial media saat ini tengah jadi topik hangat bahwa di Majalengka telah ditemukan fosil gading Stegodon,” ungkapnya, Selasa (11/12).

Naro mengatakan kecenderungan potensi ditemukannya fosil di wilayah Kabupaten Majalengka memang ‎tidak hanya di satu titik, akan tetapi di beberapa wilayah yang meliputi wilayah tengah,utara dan selatan Majalengka.

“Kita bersyukur ada tim ahli yang mau meneliti fosil-fosil di Majalengka. ” ungkapnya.

Baca Juga:  Hari Ke-5 Penyekatan, Polresta Cirebon Putar Balik 6000 Kendaraan Mudik

Sementara itu, salah seorang warga Majalengka, Endra mengatakan beberapa tahun lalu sempat ada penemuan hal serupa di salah satu sungai yang ada di Majalengka.

“Ada banyak fosil yang belum ditemukan, sempat juga ada beberapa profesor yang bertanya tentang penemuan itu, cuma belum sempat datang,” ungkapnya.

Sementara itu dikutip dari laman resmi ITB, tim laboratorium Paleontologi ITB, dengan ketua Tim Prof. Dr Jahdi Zaim mengatakan penemuan fosil stegodon di wilayah Majalengka berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan sejak lebih dari lima tahun lalu. Tim ini terdiri dari Prof. Dr. Jahdi Zaim, Dr. Yan Rizal, Dr. Aswan, Dr. Mika R. Puspaningrum, Wahyu D. Santoso ST.MT, Nur Rochim SAP, Agus T.H. ST dan tenaga lokal desa dari Majalengka. Dari laman resmi tersebut dinyatakan bahwa penemuan gading Stegodon merupakan penemuan terbesar di tahun 2018. [jar]

Baca Juga:  Waduh! Pasien Positif Covid-19 Sergai Bertambah Lima Orang

Jabarnews | Berita Jawa Barat