Manfaatkan Liburan untuk Ajari Anak Hal Positif

JABARNEWS | BANDUNG – Sejak Jumat(30/3/2018) hingga minggu ini atau bahkan ada sebagian anak sekolah hingga hari Rabu (4/4/2018) masih di masa liburan.

Biasanya digunakan untuk menghabiskan waktu di depan TV atau main game di HP, laptop berjam-jam. Padahal seharusnya mengisi liburan dengan kegiatan yang positif serta berkesan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak perlu terlibat dalam kegiatan di luar ruangan untuk kesehatan tubuh serta pikiran mereka.

Dikutip dari tonfeb.com, meskipun banyak orang percaya bahwa kegiatan di luar ruangan hanya akan membuang-buang waktu dan energi, sebagian besar pakar kesehatan menyarankan anak-anak harus diperbolehkan untuk mengembangkan bakat serta kepribadiannya.

Karenanya, biarkan buah hati Anda terlibat dalam kegiatan menyenangkan sekaligus mendidik demi tumbuh kembang mereka. Nah, berikut beberapa kegiatan yang edukatif untuk mengisi liburan si buah hati yang dikutip dari Mag for Women.

Baca Juga:  Ahmad Heryawan Siap Dampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024

1. Buatlah permainan berburu harta karun. Sembunyikan beberapa hadiah, kue, boneka atau snack di kebun. Kemudian, berikan peta petunjuk pada buah hati Anda untuk mencarinya. Jika perlu, libatkan juga teman-teman dia dalam permainan ini agar semakin seru dan mengasyikkan.

2. Ajarkan anak olahraga baru. Jika anak Anda tahu bagaimana memainkan game tertentu, ada baiknya cobalah untuk mengajarkan dia permainan yang baru. Misalnya, jika anak Anda sudah tahu cara bermain kasti, ajaklah ke lapangan badminton lalu ajarkan dia cara memainkannya.

3. Ajarkan cara berkebun. Berkebun merupakan salah satu kegiatan yang edukatif dan menyenangkan. Kegiatan ini akan mendidik anak Anda cara mencintai lingkungan sekitar. Berkebun tidak hanya mengenalkan buah hati Anda mengenai berbagai jenis tanaman, tetapi juga mengajarkan dia cara menanam dan merawat tanaman.

Baca Juga:  Jelang HUT RI ke-78, Sistem Kelistrikan di Istana Kepresidenan Direvitalisasi

4. Ajarkan buah hati cara menggunakan teknologi. Selama liburan, anak-anak memiliki semua waktu yang cukup banyak untuk mengeksplorasi hal-hal baru, terutama teknologi baru. Ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mengajari anak sesuatu yang baru. Ajarkan buah hati sebuah program komputer baru atau mengajar dia untuk mengklik foto dan mengeditnya.

5. Susunlah kegiatan indoor. Jika Anda ingin menjaga anak Anda tetap berada di ruangan karena mungkin anak Anda sedang tidak sehat secara fisik untuk terlibat dalam olahraga atau kegiatan di luar ruangan, Anda dapat menyusun rencana kegiatan untuk anak Anda di rumah.

Baca Juga:  Polda Sumut Sita Sebanyak 100 Kg Narkoba Dan 50 Ribu Pil Ekstasi

Misalnya, Anda dapat meminta anak Anda untuk membuat lembar memo dari bahan limbah atau membuat kompetisi menulis esai atau hanya memintanya untuk melukis. Bahkan, Anda juga bisa mengajarkan origami anak Anda sehingga ia dapat membuat hadiah untuk teman-temannya pada hari ulang tahun mereka.

Nah, itu beberapa jenis kegiatan edukatif untuk mengisi liburan anak Anda. Liburan bukan hanya soal bersenang-senang, tetapi liburan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak mengenai pengetahuan baru. Selain itu, liburan sekolah berguna mengeksplorasi bakatnya. Oleh karena itu, manfaatkan waktu liburan buah hati Anda dengan kegiatan-kegiatan yang edukatif dan menarik. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat