Megawati Ajak Perempuan Indonesia Berani Berpolitik

JABARNEWS | BANDUNG – Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri dianugerahi gelar kehormatan Doktor Honoris Causa oleh Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), di Balairung Rudini, Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Kamis (8/3/18).

Penganugerahan tersebut bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini.

Baca Juga:  Tekan Penyebaran Covid-19, Babinsa Kodim 0614 Kota Cirebon Semprot Disinfektan

Megawati mengatakan, persoalan emansipasi perempuan tidak hanya sebatas persoalan persamaan hak derajat antara kaum laki-laki dan perempuan. Namun, itu juga hak berpolitik seperti yang ditulis Bung Karno pada bukunya yang berjudul Kongres Para Ibu.

Megawati mengaku bangga karena hak politik perempuan semakin diakui di dunia. Dia berharap perempuan Indonesia berperan aktif memajukan bangsa.

Baca Juga:  Lawan Thailand Jadi Penentu Langkah Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Megawati berharap pada Hari Perempuan Internasional, perempuan Indonesia semakin maju dan berperan aktif memajukan bangsa.

Perempuan dinilai sebagai represtasi dari rakyat. Sehingga pemerintah harus menjamin perempuan untuk mendapat ruang dan akses berkiprah di bidang politik.

Baca Juga:  Wah! DPR RI Sebut Sistem Proporsional Tertutup Bahayakan Demokrasi, Ini Sebabnya

“Ruang dan akses bagi rakyat terhadap keputusan pembangunan di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya juga mental dan spiritual harus dibuka,” tegasnya. (Dan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat