Minimalisir Kecelakan, Polisi Kembali Cek Kelaikan Bus

JABARNEWS | MAJALENGKA – Kelaiakan armada bus kembali dicek oleh Satuan lalu lintas Polres dan Dishub Majalengka. Kali ini dipusatkan di Terminal Rajagaluh.

Saat pemeriksaan, petugas lalu meminta sopir menunjukkan surat-surat kendaraan. Selain itu, petugas juga mengecek seluruh sistem penunjang kendaraan bus, seperti pengereman, lampu, klakson, ban dan semuanya dicek satu per satu.

Kapolres Majalengka, AKBP Noviana Tursanurohmad, melalui Kasat Lantas, AKP Isnadi Anang Raharjo, didmpingi Kanit Dikyasa Lantas, Iptu Y Rusyanto mengatakan, langkah ini untuk mengantisipasi dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Pihaknya ingin memastikan bahwasanya kendaraan bus, yang mengangkut banyak orang, tidak ada permasalahan dalam soal mesin dan sopir.

Baca Juga:  Duh.. Sapi Kurban Ini Ngamuk Seruduk Ibu-ibu Lalu Kabur Masuk Sekolah

“Kami memastikan semua bus aman untuk mengangkut penumpang. Kami ingin semuanya safety. Jangan sampai kendaraan ada masalah,” ujarnya, Jumat (14/9/2018).

Baca Juga:  Manajer Atletico Madrid Ubah Marcos Llorente Jadi Penyerang, Kenapa?

Isnadi menambahkan pihaknya juga memberikan pesan-pesan tentang Keamanan, Ketertiban, Keselamatan dan Kelancaran (Kamtibselcar) kepada para pengemudi bus. Pihaknya berharap persoalan keselamatan ini tergantung dari dua faktor, yakni kendaraan dan orang yang membawa kendaraannya.

“Para supir bus lebih hati-hati dalam berkendara dan tertib berlalu lintas, karena keselamatan adalah nomor satu. Makanya pemeriksaan kendaraan ini sangat perlu,” ungkapnya.

Baca Juga:  RSUD Ciamis Ambruk, Dua Orang Alami Luka

Kasat Lantas menjelaskan, pihaknya juga menghimbau agar memperhatikan rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, parkir sesuai tempatnya, menaik turunkan penumpang dan barang harus sesuai aturan serta melengkapi surat-surat kendaraan.

“Pemeriksaan petugas, untuk sementara kami belum menemukan adanya pelanggaran maupun kendaraan yang tidak layak jalan.” tandasnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat