Perlu Kreativitas Olah Bahan Lokal

JABARNEWS | MAJALENGKA – ‎Bahan-bahan lokal hasil dari produktivitas para petani di Majalengka harus terus diberdayakan. Tujuannya, selain untuk meningkatkan daya saing, juga untuk meningkatkan kualitas produk di mata dunia.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Majalengka, Indrawasti Sutrisno, mengatakan, pihaknya terus mensuport para ibu PKK untuk bisa berkreasi dalam makanan olahan.

“Tapi bahannya tetap dari kita, kreativitas-kreativitas dengan memunculkan menu-menu baru, harus terus diciptakan. Itu semua akan meningkatkan perekonomian dan taraf hidup petani Majalengka,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Majalengka, Indrawasti Sutrisno, usai melihat-lihat menu bahan olahan lokal di halaman gedung SKB Majalengka, Selasa (3/7/2018).

Baca Juga:  Tebing di Palasari Cijolang Longsor, Polres Garut: Lalin Aman Terkendali

Indrawati mengungkapkan, selama ini bahan-bahan lokal kebanyakan hanya sampai di tataran pasar, tanpa ada kreativitas pengolahan tertentu. Namun dengan adanya lomba menu dari bahan lokal, faktanya justru banyak sekali menu olahan. Selain menghasilkan menu yang unik, rasanya juga cukup enak.

Baca Juga:  Masuki Fase AKB, Gelar Resepsi Pernikahan di Kota Bogor, Sudah Boleh?

“Kalau lomba, tadi saya keliling sama pak Bupati, nyatanya semua kecamatan punya tampilan khas masing-masing. Itu artinya, menu olahan dari bahan pangan lokal cukup banyak. Dari pepaya saja, tadi saya keliling stand, ada puluhan menu berbeda. Itu semua hanya berawal dari buah pepaya. Belum kreasi yang lainnya lagi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Soal Prosesi Pemotongan Kurban, DKP3 Sukabumi: Hanya Diwakili Saksi Saja

Indrawati berharap kreativitas tersebut jangan hanya sebatas seremonial ketika ada perlombaan atau festival yang diadakan oleh pemkab saja. Namun diusahakan supaya terus berkesinambungan.

“Mmakanya harus terus diberdayakan. Menu-menu tadi bisa dijual lho. Seperti kata pak bupati, harus dipikirkan kemasannya yang cantik,” ujarnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat