• Senin, 29 November 2021

Mau Kredit Kendaraan Mobil atau Motor? Simak Kabar Baik dari Bank Indonesia Ini!

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 20:33 WIB
Ilustrasi- Kredit kendaraan bermotor. (iStockphoto)
Ilustrasi- Kredit kendaraan bermotor. (iStockphoto)

JABARNEWS | JAKARTA – Kabar baik bagi Anda yang ingin membeli kendaraan motor atau mobil secara kredit. Pasalnya, pemerintah melalui Bank Indonesia mengatur uang muka nol persen buat kredit kendaraan.

Kebijakan pelonggaran ketentuan uang muka alias Down Payment (DP) kredit kendaraan bermotor menjadi paling sedikit nol persen diperpanjang oleh Bank Indonesia

Kebijakan itu berlaku efektif 1 Januari 2022 sampai dengan 31 Desember 2022. "Kebijakan ini berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor baru," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Selasa 19 Oktober 2021.

Baca Juga: Resep Makanan Croffle (Croissant Waffle) yang Mudah Dibuat di Rumah

Baca Juga: Tak Disangka! Ini Manfaat Tanaman Patah Tulang Sebagai Tumbuhan Herbal

Menurut Perry Warjiyo, perpanjangan tersebut dilakukan untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko.

Adapun permintaan kredit saat ini kian membaik, terutama dari dunia usaha dan konsumsi, sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat.

Dari sisi penawaran, Perry Warjiyo menilai standar penyaluran kredit oleh perbankan melonggar seiring dengan menurunnya persepsi risiko, di samping sangat longgarnya likuiditas dan penurunan suku bunga kredit baru.

Baca Juga: Pria Asal Labuhanbatu Tega Bunuh Tetangganya, Ternyata Ini Motifnya

Halaman:

Editor: Yoyo W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sah! Menteri BUMN Erick Thohir Jadi Anggota Banser

Senin, 29 November 2021 | 11:13 WIB
X