Mendes Gus Halim Minta Kerukunan Warga Transmigran di Pesisir Selatan Terus Terjaga

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta agar kerukunan warga transmigran bisa terus terjaga di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatra Barat. 
 
Kabupaten Pesisir Selatan menjadi salah satu kawasan transmigrasi pada era pemerintahan Soeharto, tepatnya pada tahun 1973. Para transmigran berasal dari Pulau Jawa yang kini kebanyakan bekerja sebagai petani sawit.
 
“Perhatikan kerukunan warga transmigran karena berlatar belakang budaya dan agama mereka berbeda-beda. Kerukunan merupakan salah satu kunci untuk maju dan sejahtera,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menerima kunjungan kerja Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, di kantornya, Jakarta, Senin 29 November 2021.

Baca Juga:  Mulai 6 Mei 2021, Tujuh Titik di Kota Bandung Ini Dilakukan Penyekatan

Baca Juga: Resep Ikan Tuna Bumbu Rujak yang Nikmat
 
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar juga meminta Bupati Pesisir Selatan untuk mengawal penggunaan Dana Desa (DD) agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Nagari -sebutan lain desa di Sumatera Utara- sesuai dengan Permendesa PDTT tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.
 
“Dana Desa itu memang dialokasikan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Desa tanpa kecuali,” ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.
 
Bupati Rusma melaporkan, sejauh ini di wilayahnya Dana Desa sudah dimanfaatkan dengan baik dan tanpa kendala apa pun. 

Baca Juga:  Sabar Ya! Pemerintah Kota Bandung Pasti Beri Kadeudeuh Bagi Atlet PON XX Papua, Tapi di Tahun 2022

Baca Juga: Begini Cara Mudah Menjual Tanah Agar Cepat Laku

Ada sebanyak 82 Nagari atau Desa di Kabupaten Pesisir Selatan yang telah memanfaatkan Dana Desa dengan maksimal.
 
“Semaksimal mungkin kita terus berupaya dimanfaatkan sesuai ketentuan dan peraturan,” kata Abdul Halim Iskandar, yang akrab disapa Gus Halim.
 
Dalam pertemuan itu, Bupati Rusma juga menyampaikan persiapan upacara puncak peringatan Hari Bakti Transmigrasi (HBT) ke-71. 

Baca Juga:  PayTren Berinovasi Untuk Kemajuan Masyarakat

Baca Juga: Kasus Dugaan Ijazah Palsu Kades Sukajaya, Begini Kata Kasatreskrim Polres Purwakarta

Acara itu, kata dia, bakal digelar pada hari Minggu 12 Desember 2021 mendatang, di halaman kantor Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat. 

Turut hadir mendampingi Gus Halim dalam pertemuan tersebut yaitu Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid dan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKTrans) Kemendes PDTT Aisyah Gamawati.***