Es Ciming, Rasa Mantap Kuliner Khas Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Selain Sate Maranggi, Es Ciming bisa menjadi pelengkap berkuliner di Purwakarta. Es Ciming ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dengan kondisi bangunan yang masih tetap sama seperti dulu.

Salah satu warung yang menyajikan Es Ciming beralamat di Jln. Jend. Sudirman No.117, Purwakarta. Rasanya yang khas membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, setiap jam makan siang selalu penuh terlebih ketika akhir pekan tiba.

Es campur ini diracik oleh sang perintis usaha yakni Ko Ciming. Usaha yang digeluti lelaki Tionghoa tersebut tetap laris manis sampai saat ini. Zaman dulu Es Ciming namanya adalah Es Shanghai, namun kemudian berubah menjadi Es Ciming sesuai dengan nama pembuatnya.

Baca Juga:  Pj Wali Kota Halal Bi Halal Di Hari Pertama Kerja

Menurut salah seorang warga Purwakarta, Ida Hamidah (28), Es campur di sini dikenal dengan rasanya yang mantap plus menyediakan juga aneka kuliner lainnya dari batagor sampai pempek.

“Es campur ini hanya ada di Purwakarta dan tidak buka cabang di tempat lain. Alasannya, agar resepnya tidak diketahui orang lain atau memang agar Es Ciming memiliki ciri khas Purwakarta,” ujar Ida, Sabtu (14/7/2018).

Baca Juga:  Wali Kota Bandung Mendapat Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Teladan

Lanjut dia, sajian Es Ciming dibuat dengan resep turun-menurun. Rasa Es Ciming berbeda dari semua es campur yang ada di Purwakarta dan merupakan es paling encer diantara kalangan es campur yang ada.

“Disajikan dalam mangkuk bulat berdiameter sekitar 12 cm, di mana di dalamnya terdapat campuran cingcau hitam, serutan kelapa, dan kacang hijau. Es diberi sirup berwarna merah, taburan es serut yang cukup banyak dan kental manis secukupnya. Campuran lainnya benar-benar khas,” papar Ida.

Baca Juga:  Jelang Qurban, Harga Daging Sapi Normal

Diketahui, Dengan harga yang cukup murah yaitu Rp 12.000 dan rasa khas Es Ciming membuat warung tersebut selalu di penuhi pengunjung. Bahkan Es Ciming sudah memiliki pengunjung tetap yang setia berkunjung kesana setiap liburan. Warung Es Ciming buka sejak pukul 09.00 hingga pukul 21.30. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat