ICMI Jadi Simbol Perkembangan Umat Islam di Indonesia, Kata Wapres Ma’ruf Amin

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengatakan, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menjadi simbol persatuan juga perkembangan umat Islam di Indonesia.

Menurut Ma’ruf Amin, ICMI bersama MUI menjadi inovator dalam menginisiasi Bank Muamalah.

“Kelahiran ICMI tiga dekade silam bukan sekadar wadah perkumpulan cendekiawan muslim, simbol perkembangan dan kemajuan umat Islam Indonesia. Membawa Indonesia ke arah kemajuan di antaranya dengan MUI, menginisiasi Bank Muamalah sebagai bank pertama di Indonesia,” kata Ma’ruf Amin dalam Muktamar VII ICMI Tahun 2021 dan MILAD ke-31 ICMI bertema “Membangun Indonesia Bermartabat, Menuju Indonesia Emas 2045” di Hotel Grand Asrilia, Kota Bandung, Sabtu 4 November 2021.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Akan Sering Keliling Indonesia, Cari Dukungan Pilpres 2024?

Baca Juga: Jelang Nataru, Sejumlah Villa di Cihanjawar Purwakarta mulai Banyak Dipesan Wisatawan

Baca Juga: Didominasi Perbukitan, Gus Halim: Desa Srimulyo Mampu Disulap Jadi Berbagai Wisata Alam Menarik

Dalam perjalanannya, lanjut Ma’ruf Amin, ICMI terlibat dalam kemajuan bangsa terkait penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ma’ruf Amin berpesan agar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut harus tetap diiringi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Harga Sayuran Fluktuatif, Petani Lembang Mulai Tanam Jeruk Lemon California

“Layaknya dua sisi mata uang, ilmu dan takwa tidak terpisahkan. Ilmu pengetahuan justru semakin menuntun kita pada keimanan,” ucapnya.

Baca Juga: Soal Sanksi Pidana Bagi yang Ngotot Gelar Reuni 212, Begini Kata Refly Harun

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru: Dua Kali Guguran Lava Pijar, Waspadai Ancaman Lahar di Alur Sungai

Melihat kondisi perekonomian di dunia pascapandemi Covid-19, Ma’ruf mengajak anggota ICMI untuk adaptif dan kreatif.

“Kondisi perekonomian global saat ini juga penuh ketidakpastian, sehingga menjadi adaptif dan kreatif bukan lagi suatu pilihan. Namun, itu semua tidak lantas membuat kita melupakan cita-cita kita untuk membangun bangsa Indonesia yang bermartabat sekaligus mewujudkan visi Indonesia Emas,” tuturnya.

Baca Juga:  Inilah Logo Baru Hari Jadi ke 209 Kota Bandung

Ma’ruf Amin juga meminta ICMI untuk menjadi mitra pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

“Sebagai mitra sinergis Pemerintah, saya berharap ICMI dapat membantu Pemerintah dalam menanggulangi pandemi dan dampak yang diakibatkannya. Potensi dan jejaring ICMI di seluruh Indonesia, jika dimobilisasi secara tepat, akan menjadi modal dasar untuk mendukung pemulihan berbagai sektor, khususnya di bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi,” pungkasnya.***