Jelang Nataru, Sejumlah Villa di Cihanjawar Purwakarta mulai Banyak Dipesan Wisatawan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sejumlah Villa dan home stay yang berada di Desa Cihanjawar, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta mulai penuh di booking wisatawan dari berbagai kota di Jawa Barat, jelang Natal dan Tahun baru 2022.

Satu pemilik Villa di Cihanjawar bernama Villa Tumaritis, E Nurhayat mengatakan, Tamu yang datang ke villa di wilayah tersebut, umumnya merupakan rombongan keluarga yang sengaja datang dari kota untuk sekedar beristirahat sambil menikmati pesona alam perbukitan di kaki gunung Burangrang.

“Saat ini sudah ada beberapa orang dari luar kota yang booking villa untuk akhir bulan dan malam tahun baru. Tamu biasanya dari luar daerah seperti, Karawang, Bekasi, Jakarta dan Bandung,” ucap Pria yang akrab disapa Babab itu, pada Sabtu, 4 Desember 2021. 

Baca Juga: Dampingi Prabowo di Pilpres, Gerindra Buka Kemungkinan Cawapres dari Kalangan Muda

Baca Juga: Persipo Siap Berlaga di Liga 3 seri 1, Ini Pesan Pemkab Purwakarta

Baca Juga:  Cipta Kondisi Jelang Nataru, Polisi di Purwakarta Sita Ratusan Botol Miras

Ia menambahkan, selain akhir tahun, pada libur weekend pun villa- villa di wilayah itu tak pernah sepi pengunjung.

Baca Juga: Makin Dekat! Kasus Omicron Sudah Terdekteksi di Negara Tetangga Indonesia

Baca Juga: Aktifitas Gempa Bumi di Indonesia Meningkat Sejak November 2021, Ini Kata BMKG

Meski begitu, lanjut Babab, keberadaan villa tersebut tidak sepenuhnya untuk disewakan dan hanya diperuntukan untuk pribadi keluarga pemilik villa.

“Villa di daerah sini Desa Cihanjawar- red berkisar 60 villa an, tapi yang disewakan paling sekitar 15 villa an. Yang lainnya diperuntukan pribadi saja,” ucap mantan Kades Cihanjawar yang menjabat 3 periode itu.

Untuk tarif, Babab mengatakan bervariatif tergantung pasilitas villa hingga luas dan ketersediaan jumlah kamar. Selain sebatas tempat peristirahatan, tambahnya, banyak diantara villa di deareah tersebut memiliki pasilitas yang cukup memanjakan tamu. 

Baca Juga:  Pedagang Gorengan di Bogor Menjerit Harga Minyak Goreng Kembali Mahal

“Banyak villa yang sudah dilengkapi kolam renang, taman bunga yang luas hingga lokasi camping ground. Dan harga tentunya menyesuaikan dari kisaran 1,5 juta hingga 2,5 juta per 24 jamnya,” jelasnya.

Baca Juga: Krisis Air Bersih, Warga Asahan Gunakan Banjir untuk Mandi dan Cuci Pakaian

Baca Juga: DPRD Jabar Terima Banyak Keluhan Warga di Kota Tasikmalaya, Masalahnya Berat?

Sementara untuk promosi villa- villa didaerah tersebut, Babab mengaku, biasanya hanya dari mulut ke mulut para pengunjung. Namun akhir- akhir ini sebagian pemilik villa sudah promosi dengan memanfaatkan media sosial.

Baca Juga: Walah! Jumlah Pengangguran di Kota Bandung Ada 147 Ribu Jiwa, Disnaker: Naik 11,19 Persen

Baca Juga: RK24, Elemen Pemuda di Jabar Deklarasi Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres 2024

“Gak ada promosi berlebihan, paling dari mulut ke mulut pengunjung saja. Tapi sekarang sudah mulai rami juga di medsos,” imbuhnya.

Baca Juga:  Atlet Binaragawati Anoy Roz Jadi Korban Kekerasan Oknum Ojol: Sudah Minta Maaf, Tapi Dipukul dan Ditendang

Terpisah, Kepala Desa Cihanjawar Dedi Supriadi, mengaku, wilayahnya merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupten Purwakarta.

Meski pandemi di Kabupaten Purwakarta sudah melandai da zero dari penyebaran Covid 19, lanjut dia, namun pihaknya tetap melakukan pengawasan dan mengingatkan pengunjung untuk tetap mentaati protokol kesehatan dan akan melarang kegiatan ataupun acra berlebihan terutama pada malam tahun baru 2022 nanti.

“Kami sudah siapkan imbauan terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan akan disebar ke tempat wisata juga villa yang ada di wilayah desa Cihanjawar. Tentunya kami sangat bangga, wisatawan ada yang datang ke Cihanjawar, tapi jangan sampai nanti malah membawa hal yang tidak kita inginkan. Maka prokesnya harus terus diterapkan,” tegas Dedi. (Gin)