PTKAI Gelar Program Buka Puasa Dan Sahur Gratis Selama Ramadhan

JABARNEWS I KOTA CIREBON  –  PT. Kereta Api Indonesia (KAI) akan menyiapkan makanan gratis bagi para penumpang untuk berbuka dan sahur, ini upaya meningkatkan pelayanan selama angkutan Lebaran 2018.

Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan bahwa program buka puasa dan sahur gratis tersebut bisa dinikmati oleh para penumpang pada H-10 Lebaran atau hari petama masa angkutan Lebaran 2018.

Kris menjelaskan program tersebut merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa yang sedang menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Sementara untuk pembagian buka puasa dan sahur gratis, PT KAI akan menyiapkan kurang lebih 85.206 box makanan per hari yang akan dibagikan ke penumpang (kecuali penumpang infant) yang pada saat waktu berbuka/sahur masih berada di dalam 142 perjalanan KA dengan rincian penumpang di 65 perjalanan KA diberikan makanan berbuka, penumpang di 50 perjalanan KA diberikan makanan untuk sahur dan penumpang di 27 perjalanan KA akan diberikan makanan untuk berbuka dan sahur karena memang waktu perjalanan di 27 KA tersebut masuk waktu berbuka puasa dan sahur.

Baca Juga:  Berikut Deretan Vitamin Untuk Lansia Agar Bugar Selama Pandemi Covid-19

Menu yang disiapkan PT KAI untuk buka puasa dan sahur penumpang KA dalam program ini akan sangat variatif, mulai dari nasi goreng, ayam goreng, nugget, nasi lemak, dan sebagainya. Makanan yang disediakan pun dijamin oleh PT KAI mulai dari kebersihan dan kesehatannya karena makanan yang diterima penumpang pada saat itu adalah makanan yang dimasak pada hari itu juga.

Baca Juga:  Ini yang Terjadi Di Jalan Tol Jabodetabek saat Pelarangan Mudik

“Selain ingin menyemarakkan Ramadan tahun ini, program ini juga dirancang untuk menyebarkan semangat berbagi kepada para pengguna jasa setia kereta api. Dengan adanya program ini, penumpang yang waktu perjalanan KA-nya masuk dalam waktu berbuka puasa atau sahur tidak perlu repot menyiapkan bekal karena kebutuhan makan berbuka dan sahurnya telah disediakan oleh PT KAI.

Selamat menikmati perjalanan pulang ke kampung halaman kepada seluruh pengguna jasa KA, semoga program “Perjalanan Menuju Berkah” yang kami adakan ini benar-benar menjadi berkah bagi kita semua dan pelaksanaan angkutan Lebaran kali ini dapat menjadu perjalanan Mudik Super Sukses,” ujar Kris.

Baca Juga:  Saling Bantu Perangi Corona, Presiden Jokowi Apresiasi Masyarakat Cimahi

Kris menambahkan PT. KAI juga mengimbau kepada setiap penumpang untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Di antaranya, ketentuan kapasitas bagasi tidak melebihi 20 kilogram.

Bagi penumpang yang membawa bagasi melebihi ketentuan yang ditetapkan akan dikenakan biaya kelebihan bagasi dengan tarif bagasi KA eksekutif Rp10 ribu per kilogram, KA Bisnis Rp6 ribu dan KA Ekonomi Rp2 ribu per kilgoram.

“Penumpang juga diharapkan memperhatikan ketentuan barang-barang yang tidak dapat dibawa di atas KA, seperti bahan yang mudah meledak, narkoba, senjata api atau tajam, hewan peliharaan, maupun barang dengan bau menyengat yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang lainnya,” ungkap Krisbyantoro.(One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat