Waspada, Masalah Kesehatan Ini Bisa Disebabkan Karena Stres

JABARNEWS | BANDUNG – Ketika kondisi mental kita tengah lemah atau terpuruk, masalah kesehatan bisa muncul dan dialami oleh tubuh kita. Hal yang muncul ini bisa mulai dari kondisi ringan hingga berat dan berdampak panjang.

Kondisi stres yang kita alami terutama ketika masalah yang dihadapi sangat berat bisa memicu terjadinya masalah fisik. Semakin berat masalah yang dihadapi, masalah kesehatan yang muncul juga bisa sangat berat.

Baca Juga:  Donor Darah Plasma Konvalesen di Kota Bandung Alami Peningkatan Permintaan

Oleh sebab itu Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat stres yakni:

Pertama. Rambut Rontok – Secara rata-rata terdapat 50-100 helai rambut yang rontok setiap hari. Namun ketika seseorang mengalami stres berat, jumlah rambut rontok bisa tiga sampai empat kali lebih banyak.

Untuk mengatasi efek ini, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang seimbang seperti ikan salmon yang mengandung protein, vitamin D, dan asam lemak omega-3. Walnut dan biji-bijian juga baik untuk mencegah rambut rontok.

Baca Juga:  Tak Lolos Parlemen karena Minim Libatkan Ulama, Ini Kata PPP

Kedua. Nyeri Otot – Banyak yang menyangka bahwa stres tak berkaitan dengan nyeri otot, walau begitu ternyata kedua hal ini berkaitan.

Stres juga bisa meningkatkan tekanan otot dan memicu nyeri pada otot-otot tubuh. Stres yang berat bisa memicu rasa sakit pada pundak, leher, punggung, dan bahkan pada rahang.

Baca Juga:  Keren.. Berikut Ini Deretan Film Indonesia Terlaris di 2019

Ketiga. Pikun – Stres bisa membuat orang kehilangan fokus dan mudah pikun. Ini karena hormon stres, kortisol, menurunkan kinerja otak prefrontal cortex yang berkaitan dengan penyimpanan ingatan jangka pendek.

Stres berat juga bisa menyebabkan kepikunan dalam jangka panjang serta mengganggu proses penyimpanan informasi pada otak. Hal tersebut tentunya mesti kalian waspadai. (Red)