Yuk Simak! Cara Menanam Daun Bawang Agar Akarnya Tidak Busuk

JABARNEWS | BANDUNG – Daun bawang banyak digunakan oleh ibu rumah tangga untuk memasak dan hampir setiap hari pasti selalu ada stok sayuran ini.

Sehingga para ibu rumah tangga sering membelinya dalam jumlah yang tidak sedikit dan terkadang menimbulkan sampah akar daun bawang yang dibuang secara cuma-cuma.

Padahal, akar daun bawang dapat dibudidayakan dengan ditanam sendiri di rumah. Selain lebih hemat sampah dan dapat dibudidayakan, hal ini juga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga.

Baca Juga: Pincang! Laga Pekan Keenam Persib Lawan PSM Makassar Tanpa Nick Kuipers

Baca Juga: Ternyata, Ini Penyebab Barang Mebel Dari Kayu Jadi Mudah Rusak

Baca Juga:  Komisi III DPRD Cirebon: Pungutan LKS Munculkan Keluhan Di Beberapa Sekolah

Oleh sebab itu berikut beberapa cara menanam daun bawang agar akarnya tidak busuk yakni:

Baca Juga: Tiga Dekorasi Rumah Yang Tidak Tepat Dan Mesti Dihindari

Baca Juga: Cara Jitu Untuk Mengusir Kelelawar Di Sekitar Rumah, Simak!

Pertama. Memilih akar daun bawang yang sehat – Sebelum mulai menanam, pilihlah akar daun bawang yang sehat untuk mendapatkan daun bawang yang tumbuh maksimal dengan segar serta memiliki kualitas yang baik. Pastikan hal tersebut agar menghindari pertumbuhan akar daun bawang yang layu bahkan busuk.

Tips mudah memilih daun bawang yang baik bisa Anda lihat pada bagian batang daun bawangnya. Jika bentuk daun bawang tertutup, maka bisa tumbuh akar daun bawang yang baru.

Baca Juga:  Deklarasi Anti-Hoax, Kapolda: Kami Dapat Dukungan

Kedua. penanaman daun bawang – Jika Anda sudah menyediakan akar daun bawang dan media tanam yang sudah dilakukan pada tahap sebelumnya, maka Anda siap pada proses penanaman. Langkah pertama adalah gali lubang tanam pada media tanam sedalam 4-8 cm.

Baca Juga: Style Hijab Casual Jeans OOTD, Kalian Pilih Yang Mana?

Baca Juga: Taman Hidroponik Lapas Purwakarta: Sayuran Kangkung Hingga Bayam Mulai Dipanen

Lalu masukkan akar tersebut ke dalamnya dan sisakan kira-kira 1-2 cm di atas tanah. Setelah itu timbun akar yang berada di dalam tanah tersebut dengan tanah secara hati-hati.

Baca Juga:  Ini Besaran Santunan Yang Berhak Didapatkan Ahli Waris Dari Lion Air

Ketiga. Proses menjaga dan merawatnya – Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam merawat tanaman daun bawang agar tidak busuk. Yang paling utama adalah melakukan penyiraman tanaman setiap hari, bisa dilakukan pada pagi dan sore hari.

Jika tanaman daun bawang sudah berusia 10 hari, maka kurangi intensitas menyiram tanaman. Menyiram tanaman bisa dilakukan 1 hari sekali jika Anda berada di lingkungan yang memiliki suhu yang cukup tinggi dan 2 hari sekali jika Anda berada di dataran tinggi. ***